Deretan Bencana Alam yang Terjadi Sepanjang 2022 di Indonesia, Termasuk di Banten

Deretan Bencana Alam yang Terjadi Sepanjang 2022 di Indonesia, Termasuk di Banten

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengunjungi lokasi banjir di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kamis, 29 Desember 2022-Istimewa-

INFORADAR.ID --- Setidaknya terdapat 3.461 bencana alam yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang Tahun 2022. Mulai dari gunung meletus, banjir, tanah longsor, banjir rob dan gempa bumi.

Dari jumlah bencana alam tersebut, tanah longsor kerap menimbulkan korban jiwa, meskipun skalanya kecil. 

Sebagai contoh, dalam seminggu terakhir ini ada beberapa titik di Kabupaten Lebak dan Pandeglang yang mengalami tanah longsor dan banjir. 

Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan bencana tanah longsor kerap menimbulkan korban jiwa, meski skala kejadiannya kecil.

"Tanah longsor itu paling signifikan dalam menyebabkan korban jiwa, meskipun skalanya kecil. Tapi sering disebut high frequency but low impact," ujar Abdul Muhari dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta, Senin (26/12/2022).

Seperti dikutip dari laman PMJ News, Jumat, 30 Desember 2022, berikut deretan bencana alam yang terjadi di Indonesia:

1. Gempa Bumi di Sumatera Barat

Di tanggal 25 Februari 2022, gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat. Gempa merusak sejumlah bangunan termasuk gedung sekolah SD 19 Kinali dan Kubah Masjid Agung Pasaman Barat.

Berdasarkan keterangan akun Twitter BMKG, gempa terjadi pukul 08:39:29 WIB dengan Lok:0.15 LU,99.98 BT (17 km timur laut Pasaman Barat -Sumbar) dengan kedalaman 10 km.

Kendati begitu, gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Guncangan gempa dirasakan hamoir di seluruh wilayah Provinsi Barat.

2. Banjir di Jember Jawa Timur

Pada 14 Maret 2022, bencana banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi melanda sejumlah daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dilaporkan 953 unit rumah terdampak akibat banjir tersebut.

Banjir juga mengakibatkan jebolnya tembok saluran air sepanjang 20 meter dan merendam 150 hektar lahan pertanian. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, hanya beberapa orang terluka.

3. Tanah Longsor di Cijeruk, Bogor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: