Deretan Bencana Alam yang Terjadi Sepanjang 2022 di Indonesia, Termasuk di Banten

Deretan Bencana Alam yang Terjadi Sepanjang 2022 di Indonesia, Termasuk di Banten

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengunjungi lokasi banjir di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kamis, 29 Desember 2022-Istimewa-

7. Erupsi Gunung Semeru

Pada 4 Desember 2022, Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan Gunung Api Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi.

"Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Minggu, 4 Desember 2022, pukul 02.46 WIB dengan tingg kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut)," demikian melansir situs resmi MAGMA Indonesia Kementerian ESDM, Minggu (4/12/2022).

8. Banjir di Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang

Pada 25 Desember 2022, sedikitnya 7 desa di Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang terendam banjir. Ke 7 desa tersebut adalah Desa Idaman, 

Rahayu, Surianeun, Patia, Cimoyan, Ciawi, dan Desa Babakan Keusik.

Banjir terjadi dalam dua hari ini dengan ketinggian air di kisaran 60 cm hingga 1 meter. 

Banjir yang merendam sekitar 1.110 rumah ini terjadi akibat hujan yang turun sejak Sabtu, 24 Desember hingga saat ini. Hal itu menyebabkan Sungai Cilemer meluap ke beberapa desa di sekitar aliran sungai.

Kepala Desa (Kades) Idaman, Kecamatan Patia Ilman mengatakan, ada tujuh desa yang terendam banjir yaitu Desa Idaman, Rahayu, Surianeun, Patia, Cimoyan, Ciawi, dan Desa Babakan Keusik. Rata-rata ketinggian air 60 sentimeter sampai satu meter. "Udah dua hari kena banjir, akibat cuaca ekstrim dan hujan dengan intensitas tinggi turun terus," katanya.


Longsor menimbun rumah warga dan akses jalan di Kabupaten Lebak, Banten, Kamis, 29 Desember 2022. Foto: BPBD Kab Lebak -----

9. Banjir Rob di Banten 

Sabtu, 24 Desember 2022 kawasan Pantai Teluk, Kecamatan Labuhan dilanda banjir rob. Air laut menggenangi rumah warga di bibir pantai dan usaha warga beberapa tutup.

Minggu, 25 Desember 2022, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang dan Pantai Tanjung Pasir juga terjadi banjir rob. Air laut menggenangi perkampungan serta pasat atau TPI Cituis. Ketinggian air laut mencapai 1 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: