Deretan Bencana Alam yang Terjadi Sepanjang 2022 di Indonesia, Termasuk di Banten

Deretan Bencana Alam yang Terjadi Sepanjang 2022 di Indonesia, Termasuk di Banten

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengunjungi lokasi banjir di Desa Idaman, Kecamatan Patia, Kamis, 29 Desember 2022-Istimewa-

Pada 21 Mei 2022, bencana tanah longsor terjadi di Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Peristiwa yang tiba-tiba ini mengakibatkan empat orang terimbun material longsor dan ditemukan meninggal dunia.

"Adapun kerugian materil akibat peristiwa itu adalah dua unit rumah milik korban dan tetangganya mengalami rusak berat," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resmi, Minggu (22/5/2022).

Menyikapi hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada seluruh komponen pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

4. Banjir Rob Melanda Bima, NTB

Pada 14-17 Juni 2022, bencana banjir rob melanda wilayah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Banjir rob disebabkan permukaan air laut naik sehingga puluhan hektar tambak milik warga terendam.

Kejadian tersebut mengakibatkan 434 kepala keluaga terdampak. Selain itu, kejadian ini mengakibatkan 466 petak tambak milik warga terendam akibat gelombang tinggi.

5. Banjir Bandang di Parigi Moutong, Sulteng

Pada 28 Juli 2022, anjir melanda empat wilayah di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Ketinggian banjir berkisar antara 30 hingga 90 sentimeter

Dilansir dari BNPB, banjir merendam 450 unit rumah, 11 diantaranya mengalami rusak berat dan 450 KK /1.800 jiwa terdampak. Selain itu dilaporkan tiga orang meninggal dunia dan empat orang dinyatakan hilang akibat banjir tersebut.

6. Gempa Bumi di Kepulauan Mentawai, Sumbar

Pada 29 Agustus 2022, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dan sekitarnya. Gempa menimbulkan kerusakan ringan di wilayah Siberut Utara dan Siberut Barat.

Berdasarkan keterangan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa Mentawai tersebut tidak berpotensi tsunami.

6. Gempa Bumi di Cianjur, Jawa Barat

Pada 21 November 2022, gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 5,6 terjadi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Bahkan guncangan gempa dirasakan hingga wilayah Jabodetabek.

Meski kekuatan gempa tidak terlalu besar, namun gempa mengakibatkan 600 orang meninggal dunia yang tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur, dan Warungkondang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: