Berkat Inovasi LKRA dan Peka Padjak, Kota Serang Raih Anugerah IGA 2022

Berkat Inovasi LKRA dan Peka Padjak, Kota Serang Raih Anugerah IGA 2022

Walikota Serang Syafrudin--

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Tak salah, Pemkot Serang mengajukan juara umum Lomba Kampung Resik lan Aman (LKRA) Kota Serang 2022, Kampung Pekijing, Kelurahan Kalanganyar, Kecamatan Taktakan dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022. 

Buktinya, Kota Serang meraih anugerah penghargaan Pemerintah Kota Terinovatif pada acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022. 

Tak hanya mengajukan juara umum LKRA 2022, Pemkot juga menyertakan Perluasan Kanal Digital Pembayaran Pajak Daerah (Peka Padjak) pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk ajang IGA 2022 tersebut 

Walikota Serang Syafrudin mengaku bersyukur atas capaian anugerah penghargaan Pemerintah Kota Terinovatif pada acara Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022. 

Penyerahan penghargaan disaksikan Mendagri Tito Karnavian dan Kemenpan RB Abdullah Azwar Anas, di Gedung Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Jumat 23 Desember 2022 pagi.

Pemkot Serang meraih penghargaan Kategori Pemerintah Kota Terinovatif dari Kemendagri bersama dengan Pemkot lainnya, yaitu Kota Bekasi, Cimahi, Mataram, Padang Panjang, Jambi, Bengkulu dan Sukabumi.

Pada Gelaran IGA Tahun 2022 Pemkot Serang mengikutsertakan dua program unggulan inovasi Pemkot Serang, yaitu Perluasan Kanal Digital Pembayaran Pajak Daerah (Peka Padjak) pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB).

“Alhamdulillah, di akhir tahun 2022 ini, Kota Serang meraih anugerah Pemkot Paling Terinovatif. Tentu saya merasa bangga,” ujar Walikota Serang Syafrudin, Jumat, 23 Desember 2022 petang. 

Menurut Syafrudin, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras yang dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD) bukan hanya Walikota Serang.

“Keberhasilan ini bukan dari Walikota tapi, dari OPD yang memiliki inovasi, saya berharap OPD satu tahun satu. Untuk dilombakan ke tingkat nasional,” terangnya.

Ia mengungkapkan, raihan IGA Tahun 2022 merupakan raihan yang membanggakan, karena tahun-tahun sebelumnya belum dapat. “Kaitan dengan IGA dilombakan setiap tahun, kita Alhamdulillah, tahun-tahun kemarin kita enggak dapat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang M Ridwan mengatakan, ke depan raihan penghargaan ini dapat mendorong semua OPD untuk membuat inovasi-inovasi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Satu OPD satu inovasi dalam satu tahun. Untuk mempertahankan, dan bisa masuk kategori inovatif yang diperlombakan,” katanya.

"Yang paling penting bukan hanya ikut serta dalam perlombaannya, tapi betul-betul bisa diimplementasikan kepada masyarakat,” tambah Ridwan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: