Libur Nataru, Polda Banten Terjunkan 1.300 Personil, Siapkan Strategi untuk Kelancaran Pelabuhan Merak

Libur Nataru, Polda Banten Terjunkan 1.300 Personil, Siapkan Strategi untuk Kelancaran Pelabuhan Merak

Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono. Foto: Fahmi Sa'i/Ist -----

Adanya potensi kenaikan volume kendaraan ke Pelabuhan Merak membuat kepolisian telah menyiapkan strategi agar proses penyebrangan berjalan lancar dan tidak menimbulkan kemacetan panjang. Jika terjadi kemacetan panjang kepolisian akan mengarahkan kendaraan ke tiga pelabuhan lain selain Merak.

“Pelabuhan alternatif itu kita laksanakan apabila ada hal-hal yang mendekati indikator kuning dan merah (kondisi kemacetan-red),” ungkap Budi.

Pelabuhan lain yang akan diperbantukan tersebut adalah Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan Bojonegara dan Pelabuhan Pelindo. Di Pelabuhan Indah Kiat akan diperuntukkan untuk kendaraan kecil. “Untuk Pelabuhan Indah Kiat kalau membludak (di Pelabuhan Merak-red), di dermaga satu dan tujuh kita akan larikan ke Indah Kiat,” kata Budi.

Sedangkan Pelabuhan Bojonegara dan Pelindo akan digunakan untuk mengangkut kendaraan yang lebih besar. “Pemberlakuannya (tiga pelabuhan tersebut-red) nanti ada intruksi dengan melihat perkembangan yang ada pada saat hari H nanti. Kalau operasi nataru, hari H itu tanggal 23 Desember,” tutur Budi.

 

Reporter : Fahmi Sa’i

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: