6 Langkah Sederhana Untuk Menurunkan Tekanan Darah

6 Langkah Sederhana Untuk Menurunkan Tekanan Darah

--- Tangkapan layar laman P2PTM Kemenkes RI -----

INFORADAR.ID --- Tekanan darah tinggi atau hipertensi selama ini dikenal sebagai ibu dari segala macam penyakit. Oleh karenanya mengetahui gejala awal dan melakukan pencegahan dini akan jauh lebih daripada mengobati. 

Sebab pengobatan terhadap penyakit tekanan darah tinggi, selain memakan waktu, biayanya juga besar.

Setidaknya ada 6 tips sederhana untuk menurunkan tekanan darah. 

Menurut Ahli epidemiologi Paul Muntner kepada American Heart Association (AHA), dengan penuaan populasi dan peningkatan harapan hidup, prevalensi tekanan darah tinggi diperkirakan akan terus meningkat.

Bahkan jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan ginjal, demensia vaskular, strok, dan masalah kesehatan lainnya, menurut National Institute on Aging (NIA).

Masalahnya, hipertensi jarang memiliki gejala. Meskipun, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan nyeri dada, kesulitan bernapas, penglihatan kabur, mimisan, atau sakit kepala, menurut British Heart Foundation.

BATASAN TERBARU

Jika Anda tiba tiba mendapati tekanan darah Anda termasuk tinggi (hipertensi) menurut panduan batasan terbaru dari American College of Cardiology dan American Heart Association, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan.

Pedoman batasan hipertensi,  menurunkan definisi untuk tekanan darah tinggi (hipertensi) dari 140/90 mm hg  ke 130/80 milimeter Mercury (mm Hg), berarti lebih banyak perempuan sekarang memenuhi kriteria untuk mengidap hipertensi tahap 1.

Sementara  kita tidak bisa mengelak dari ketentuan batasan terbaru tersebut, kita juga tidak perlu panik. "Jelas, tidak ada yang terjadi dalam semalam di dalam tubuh wanita atau kesehatannya dengan adanya rilis ketentuan batasan baru hipertensi," kata Dr Naomi Fisher, Direktur Layanan hipertensi dan hipertensi inovasi di Brigham and Women's Hospital Divisi endokrinologi, Diabetes dan Hipertensi, Profesor Fakultas Kedokteran di Harvard Medical School.

Dikutip dari laman resmi P2PTM Kemenkes RI, perubahan penetapan ukuran hipertensi, harus mendorong Anda untuk menurunkan tekanan darah secara lebih serius. "Pedoman ini telah diantisipasi lama dan disambut sangat baik oleh kebanyakan ahli hipertensi. Walaupun nampak drastis tetapi perubahan penetapan hipertensi dari hasil uji coba ini akan membantu ribuan orang"ujar Dr Fisher.

Mengapa masuk hipertensi?

Jika tekanan darah Anda berada di kisaran 130/80, penurunan tekanan darah Anda  dapat membantu melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, penyakit mata, dan bahkan penurunan kemampuan kognitif. Tujuan dari ketentuan baru batas hipertensi ini adalah untuk mendorong Anda mengobati tekanan darah tinggi Anda  secara serius dan untuk mengambil tindakan menurunkannya, terutama menggunakan intervensi perubahan gaya hidup.

"Diketahui perubahan gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah seperti halnya manfaat pil, dan bahkan kadang-kadang lebih," kata Dr Fisher.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: