Relokasi Korban Gempa Cianjur, Pemerintah Siapkan Lahan 16 Hektar

Relokasi Korban Gempa Cianjur, Pemerintah Siapkan Lahan 16 Hektar

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto saat konferensi pers di Cianjur. Foto: --- PMJ News/Dok BNPB -----

CIANJUR, INFORADAR.ID --- Korban gempa Cianjur yang tidak lagi bisa menghuni tempat tinggalnya karena dinilai rawan akan direlokasi ke tempat yang aman. 

Untuk itu, Pemerintah menyiapkan lahan seluas 16 hektar untuk membangun rumah bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Nantinya, pemerintah daerah mendata warga yang akan direlokasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto saat mengunjungi beberapa titik lokasi yang terdampak gempa Cianjur. 

"Jadi 16 hektar telah disiapkan. Nanti bupati dan tim yang akan menentukan siapa dan penduduk mana yang akan pindah ke sini," kata Suharyanto dalam siaran pers BNPB, Kamis (1/12/2022) sebagaimana dikutip dari laman PMJ News. 

Suharyanto mengatakan, warga yang rumahnya direlokasi akan mendapatkan ganti rumah di tempat yang telah disediakan, rumah yang lama tidak diperbolehkan lagi dihuni.

"Begitu yang direlokasi sudah punya rumah dan hak tanah baru, tanah warga yang lama akan dikelola pemerintah agar warga tidak balik lagi ke sana," tuturnya.

Menurut Suharyanto, rumah yang lama akan dijadikan daerah resapan air dan daerah hijau, sehingga tidak dihuni lagi oleh masyarakat. Ini untuk mengantisipasi timbulnya korban bila gempa terjadi lagi di sekitar daerah tersebut.

Kepala BNPB dan rombongan selanjutnya meninjau pembangunan contoh rumah tahan gempa yang akan dibangun oleh pemerintah.

"Rumah bapak, akan dijadikan contoh bagi warga, tipenya 36 rumah RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat)," kata Suharyanto saat berdiskusi dengan warga Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang.

 

Editor: M Widodo 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: