Pemkot Serang Pastikan Jaminan Kemanan Untuk Pedagang Royal dan Kantin di Pasar Kepandean

Pemkot Serang Pastikan Jaminan Kemanan Untuk Pedagang Royal dan Kantin di Pasar Kepandean

Kepala DinkopUKMPerindag Kota Serang Wahyu Nurjamil--RADARBANTEN.CO.ID/ Nahrul Muhilmi

INFORADAR.ID - Pemerintah Kota Serang, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DinkopUKMPerindag), siap memenuhi permintaan pedagang kaki lima Royal dan Kantin terkait relokasi usaha ke Pasar Kepandean.

Relokasi usaha ke Pasar Kepandean ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, rencana relokasi tersebut disetujui oleh para pedagang. Namun, mereka meminta Pemerintah Kota Serang untuk menjamin keamanan Pasar Kepandean.

Menurut Kepala DinkopUKMPerindag Kota Serang, Wahyu Nurjamil, pihaknya akan melibatkan paguyuban dalam dalam mengatur keamanan untuk Pasar Kepandean.

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan paguyuban untuk menyediakan petugas keamanan.

"Jadi nanti, keamanan akan digaji oleh paguyuban dari dana iuran mereka. Memang, normalnya setiap pasar yang dikelola oleh pemerintah itu wajib hukumnya harus menganggarkan keamanan. Intinya kami siap untuk keamanan, dan itu tugas kami sebagai pemerintah. Baik fasilitasi, menjaga mereka, dan memberdayakan mereka," ucapnya dikutip RADARBANTEN.CO.ID, Jumat 1 Maret 2024.

BACA JUGA : Bangun Wajah Baru Pasar Lama Kota Serang, Dinkopukmperindag Kolaborasi dengan Fekraf Banten

Mengenai promosi, Wahyu mengatakan bahwa pihaknya akan mengadakan serangkaian acara di Pasar Kepandean. Acara ini akan serupa dengan acara yang diadakan di Pasar Lama.

Acara-acara tersebut termasuk acara musik, bazar dan pusat fashion lainnya. Hal ini untuk memastikan bahwa wisatawan datang dan omset pedagang terjamin.

"Apalagi rata-rata mereka itu pedagang baju. Jadi, tinggal kami ramaikan saja nanti. Kalau untuk permodalan, kami fokuskan dulu pemindahan, baru nanti kami lanjutkan langkah selanjutnya," ungkapnya.

Menurut Wahyu, perencanaan relokasi para pedagang sudah dilakukan sejak tahun lalu dan sudah dilakukan tiga kali pertemuan hingga saat ini. Bahkan, gambar penataan pedagang juga diperlihatkan kepada mereka.

"Alhamdulillah mereka semua sepakat dan siap untuk dipindahkan. Karena tujuan kami ingin menata kota, dan pedagang adalah bagian dari masyarakat kita, jadi kami pindahkan ke tempat yang lebih layak," katanya

Ia juga mengatakan bahwa Dinkop UKMPerindag menargetkan relokasi Pedagang Royal dan Kantin akan dilakukan pada  September 2024 setelah pembangunan dan rehabilitasi selesai.(*)

BACA JUGA : Cek Harga Beras di Pasar Rau Kota Serang yang Sudah Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: