Sudah Tes Asesmen Ny Putri Candrawathi, LPSK Tak Mau Bocorkan Hasilnya

Sudah Tes Asesmen Ny Putri Candrawathi, LPSK Tak Mau Bocorkan Hasilnya

JAKARTA, INFORADAR.ID -- Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) sudah melakukan tes asesmen kepada Ny Putri Candrawathi Ferdy Sambo di rumah pribadinya Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa, 9 Agustus 2022 dari sekitar pukul 10 tadi pagi.

Hanya saja, LPSK mengaku tidak dapat mengungkap hasik dari asesmen tersebut dengan alasan privasi. 

Tes asesmen tersebut dilakukan di rumah pribadinya di Jalan Saguling III, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Menurut pantauan, ada delapan orang tim asesmen LPSK keluar dari rumah Putri Candrawathi.

Terkait pemeriksaan, wakil Ketua LPSK Edwin Partogi menjelaskan hasil tes assessement yang dilakukan tidak dapat diberikan dengan alasan privasi.

"Kita belum bisa berikan keterangan hasilnya. Karena tes tersebut (asesmen) bersifat pribadi," ujar Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi kepada wartawan, Selasa 9 Agustus 2022 sore.

Sebelumnya, Ahmad Taufan Damanik selaku Ketua Komnas HAM menjelaskan anggotanya siap memeriksa istri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Hal itu terkait dengan pengaduan dugaan kekerasan seksual oleh Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Meski begitu, Komisi HAM menunggu perawatan psikologis terhadap PC selesai. “Setelah dia selesai semua perawatan psikologis medisnya dan dinyatakan sudah mampu diperiksa, kita periksa. Jadi enggak ada yang istimewa, standar HAM,” ungkap Taufan di kantornya, Jakarta, Senin 8 Agustus 2022.

Lebih jauh Taufan menuturkan, standar HAM internasional dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual (TPKS), bahwa seseorang yang mengaku, apalagi sudah mengadukan kasusnya, mengalami pelecehan seksual, maka orang itu diasumsikan sebagai korban kekerasan seksual.

“Beda dengan tindak pidana umum lain, itu kekhususan dalam penanganan perkara tindak pidana kekerasan seksual,” urainya melanjutkan.

“Karena itu dia harus dihormati, hak didampingi penasihat hukum, hak mendapatkan perawatan psikologis segala macam,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan pengamanan di rumah pribadi Irjen Ferdy Dambo tampak semakin diperketat. Dari lokasi tersebut terlihat ada dua mobil jenis sport warna hitam dengan nomor polisi pelat hitam B 1163 UJT dan pelat merah B 1083 TOH keluar bersamaan pada pukul 13.26 WIB. 

Sebelumnya, muncul satu mobil sport berwarna hitam pelat merah B 1083 TOH melewati gang Jl. Saguling tepatnya tempat wartawan berkumpul pukul 10.16 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: