Sudah Punya Rencana Weekend Bersama Keluarga? Taati Selalu Aturan Lalu Lintas di Perjalanan

Sudah Punya Rencana Weekend Bersama Keluarga? Taati Selalu Aturan Lalu Lintas di Perjalanan

Grafis diambil dari laman FB Ditjen Perhubungan Darat--

SERANG, INFORADAR.ID - Sudah punya rencana berakhir pekan bersama keluarga, saudara, kerabat atau dengan sahabat-sahabat untuk jalan-jalan atau weekend ke lokasi wisata? Nah, untuk yang akan weekend jarak jauh taati selalu aturan lalu lintas di perjalanan ya.

Seperti kita ketahui, kesadaran masyarakat kita mentaati aturan lalu lintas masih sangat memprihatinkan. Setiap detik, menit, jam dan hari selalu saja kita lihat pelanggaran-pelanggaran di jalan raya.

Padahal, melanggar aturan lalu lintas itu sangat berbahaya lho. Bisa membahayakan diri kita sendiri dan pengendaran lain. 

Nah, kita pasti sering melihat kendaraan menerobos lampu merah. Padahal, lampu lalu lintas biasanya hanya menunggu 1-2 menit. 

"Kita hanya berbeda 1-2 menit tapi bayangkan apa yang bisa terjadi bila menerobos lampu merah. Kecelakaan adalah kemungkinan yang dapat terjadi, tapi bayangkan bila sampai merenggut nyawa," tulis laman facebook Ditjen Perhubungan Darat yang dikutip inforadar.id, Sabtu, 23 Juli 2022. 

Begitu menerobos dan kemudian dari arah berlawanan melaju kendaraan lain, tentunya akan sangat membahayakan keselamatan diri kita dan pengendara lain. 

"Mari kita belajar menjadi pengendara yang taat peraturan dan dengan bersabar 1-2 menit saja demi kesalamatan," harap Ditjen Perhubungan Darat di laman FB-nya.


Grafis diambil dari laman FB Ditjen Perhubungan Darat--

GUARD RAIL 

Selanjutnya kalau kita bepergian melewati jalan raya atau jalan tol sering terdapat pembatas jalan di median jalan atau di pinggir jalan. Yang materialnya (biasanya) terbuat dari baja galpanis. Itu namanya guard rail. Fungsi utamanya sebagai peredam energi kinetik jika sebuah kendaraan menabrak pembatas jalan. Redaman energi kinetik ini membuat mobil paling tidak terbalik atau terpelanting jauh dari lokasi kecelakaan.

Walau kita sudah mengetahui fungsinya tapi tetap ikuti peraturan di jalan agar kita tidak perlu menggunakannya. Tetap utamakan keselamatan dan selalu menaati peraturan berlalu-lintas ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: