Perjuangan Andi Selviana, Guru di Daerah Terpencil, Rela Naik Pohon Selama 4 Jam demi Ikut Webinar

Perjuangan Andi Selviana, Guru di Daerah Terpencil, Rela Naik Pohon Selama 4 Jam demi Ikut Webinar

Andi Selviana memanjat pohon ini untuk mengikuti webinar--

Andi sampai harus naik ke atas pohon untuk mendapatkan sinyal supaya bisa mengikuti webinar melalui aplikasi Zoom, pertengahan September 2020. Webinar itu digelar sejak pukul 09.00 pagi hingga pukul 13.00 WIB. Selama empat jam itu Andi nangkring di atas pohon dengan ponselnya. Meski sudah di atas pohon, sinyal tetap saja putus-putus. Andi harus beberapa kali keluar dari room meeting dan harus beberapa kali login kembali.

”Alasan saya memanjat pohon saat itu untuk mengikuti webinar yang dilaksanakan oleh IGI dengan tema ‘Penerapan Kurikulum Darurat Pada Masa PJJ’. Karena sinyal di tempat tugas saya memang kurang baik, sehingga untuk mengikuti webinar yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi zoom saya perlu naik ke pohon agar mendapatkan sinyal yang maksimal. Saya sangat ingin mengikuti webinar ini karena saya ingin mengetahui bagaimana penerapan kurikulum darurat yang dimaksud, apakah itu nantinya bisa saya terapkan di tempat tugas saya ini,” ujarnya.

TANTANGAN MENGAJAR SAAT PANDEMI COVID-19

Sejak adanya pandemi Covid-19, kegiatan sekolah di seluruh Indonesia dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), baik secara luring (luar jaringan) maupun daring (dalam jaringan). Menurut wanita kelahian Bandar Lampung tahun 1989 ini, kegiatan PJJ memiliki tantangannya sendiri khususnya di Desa Lubuk Kedang. Selain karena susahnya akses internet, para orang tua yang tidak memiliki smartphone, serta jarak rumah siswa dengan sekolah yang sangat jauh memberikan tantangan tersendiri.

“Keterbatasan akses internet di daerah 3T sangat memberikan kendala saat melakukan PJJ. Sinyal tidak maksimal dan tidak semua orang tua siswa memiliki HP, karena memang di tempat tinggal siswa tidak ada sinyal. Walaupun ada sinyal hanya di titik-titik tertentu saja, sehingga kami sangat menemukan kendala besar saat PJJ ini,” ucap Andi.

Karena kendala yang menghadang ini Andi menyampaikan bahwa ia dan para pengajar yang lain dengan terpaksa memberikan tugas kepada siswa melalui cara menjadwalkan masing-masing kelas untuk ke sekolah mengambil tugas. Tapi ada kalanya juga pihak guru yang mendatangi rumah-rumah siswa untuk memberikan pembelajaran kepada siswa meskipun harus menempuh jarak yang sangat jauh.

Andi mengaku melakukan PJJ dengan segala keterbatasan yang ada banyak memberikan suka dan duka. Ia dan para pengajar lainnya harus lebih ekstra mengajak para orang tua siswa untuk bekerjasama dalam mendidik anak-anak di rumah. Apalagi sebagian besar orang tua siswa merupakan petani yang biasa pergi bertani sampai berhari-hari. Namun karena adanya pandemi yang mengharuskan siswa melakukan PJJ, para orang tua pun akhirnya mau tidak mau harus turut mendampingi anak-anaknya dalam belajar.


Andi Selviana berangkat mengajar melewati jalan tanah ini--

”Kami harus bisa lebih ekstra mengajak orang tua siswa bekerja sama dalam mendidik anak-anak di rumah. Tapi di sisi lain kami juga bisa lebih mengenal dekat karakter orang tua siswa. Karena sebelum pandemi sangat jarang bisa bertemu langsung dengan orang tua siswa untuk bisa menyampaikan keadaan anaknya di sekolah, karena sebagian besar orang tua adalah petani dan tidak jarang sering pergi bertani selama berhari-hari. Namun dengan adanya pandemi saya bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang tua untuk kemajuan anak-anak dalam pembelajaran,” jelas Andi.

Bentuk kerjasama para pengajar dan orang tua untuk dapat membantu mendampingi anak-anaknya belajar di rumah adalah para orang tua harus memberikan laporan kegiatan anak-anaknya di rumah dengan mengisi daftar kegiatan setiap hari untuk siswa yang sudah dibuat oleh para guru.

KISAH TERJUN JADI GURU

Sebelum akhirnya mengabdi pada negeri dengan menjadi guru Program Garis Depan (PGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta harus bertugas di sebuah daerah 3T tepatnya di SD Negeri 18 Lubuk Kedang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Andi Selviana merupakan lulusan S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung pada tahun 2011. Usai mengenyam pendidikan S1, ia sempat bekerja di perusahaan leasing kurang lebih selama 1 tahun.

Karena sejak dulu cita-citanya memang ingin menjadi guru, peluang itu pun kemudian datang ketika pada tahun 2012 Andi mengikut kegiatan Sarjana Mendidik 3T (di daerah tertinggal, terdepan dan terluar) dari Kemendikbud. Ia ditempatkan di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Kemudian pada tahun 2013 Andi mendapatkan pendidikan profesi guru di tanah kelahirannya Lampung sampai tahun 2016. Tepat pada pertengahan 2016 Andi pun mendapatkan penugasan mengajar di Kalimantan Barat, tempat ia mengajar saat ini.

“Saya mengajar sudah 7 tahun, namun bertugas di tempat tugas yang sekarang baru 3 tahun. Dari dulu cita-sita saya memang ingin menjadi guru. Sekarang tercapai meskipun harus di pedalaman, tapi saya tetap semangat untuk mengabdi,” ujarnya menjelaskan.

Andi merasa senang dapat mengajar di daerah tempat ia bertugas saat ini, meski di pedalaman dengan infrastruktur yang kurang memadai, akan tetapi lingkungan sekolah dan tempat tinggal di sana sangat menerima kedatangannya dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: