4 Kebiasaan yang Mengganggu Manajemen Waktu, Begini Cara Mengatasinya

Kamis 13-02-2025,13:59 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Meskipun scrolling di Instagram, TikTok, atau Twitter menyenangkan, kebiasaan ini dapat membuat kamu lupa waktu. 

BACA JUGA:KIP Kuliah 2025 Sudah Resmi Dibuka, Ini Daftar Prioritas Penerimanya

BACA JUGA:Ini 4 Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Karier Freelance, Buat Profil Menarik

Efeknya, pekerjaan yang seharusnya selesai tertunda dan waktu produktif pun terbuang sia-sia. Untuk mengatasinya, batasi waktu scrolling-mu dan gunakan fitur pengingat waktu pada aplikasi, atau buatlah jadwal khusus untuk bersosial media.

3.Tidak Memberi Ruang untuk Istirahat

Meskipun terdengar bertentangan, terlalu sibuk tanpa istirahat justru dapat membuat waktu kamu menjadi tidak efektif. 

Ketika tubuh dan pikiran lelah, konsentrasi dan produktivitas kamu akan menurun. Pekerjaan yang seharusnya bisa selesai dalam satu jam bisa memakan waktu dua kali lipat. 

Luangkan waktu untuk beristirahat di tengah aktivitas lalu istirahat tidak selalu berarti tidur bisa juga berjalan-jalan sebentar, meditasi, atau melakukan hobi yang disukai.

4.Kurang Memanfaatkan Jadwal atau To-Do List

Apakah kamu sering merasa sibuk tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan? Itu pertanda bahwa kamu belum memanfaatkan jadwal atau to-do list dengan maksimal. 

Tanpa perencanaan, kamu cenderung menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting dan melupakan prioritas utama. 

Cobalah untuk membuat jadwal harian atau mingguan. Tidak perlu terlalu kaku, tetapi pastikan kamu tahu apa yang harus dilakukan dan kapan waktu terbaik untuk menyelesaikannya.

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan ini, kamu dapat meningkatkan manajemen waktumu dan menjalani hari-hari dengan lebih produktif dan efektif.

Itulah yang harus kamu tahu bahwa kebiasan-kebiasan ini ternyata sudah merusak manajemen waktumu tanpa sada.

Kategori :