Tips Mengatasi Over Exfoliasi, Cukup Lakuin Ini

Sabtu 20-01-2024,15:15 WIB
Reporter : Konitatu Rahmah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Exfoliasi dianggap sebagai langkah penting dalam perawatan kulit jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. Exfoliasi adalah langkah penting dalam perawatan kulit yang mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong pembaruan kulit.

Namun, seperti halnya segala sesuatu, terlalu banyak hal yang baik bukanlah hal yang baik. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan dan menggunakan terlalu banyak eksfoliator dapat menyebabkan berbagai masalah kulit termasuk iritasi, kemerahan dan kekeringan. Pentingnya keseimbangan dalam perawatan kulit tidak boleh diabaikan, jadi Anda harus berhati-hati dalam melakukan eksfoliasi berlebihan.

Artikel ini menguraikan langkah-langkah praktis untuk mengatasi Over Exfoliasi yang berlebihan dan mengembalikan kesehatan kulit yang optimal dengan perawatan yang lembut dan mendalam. Bagi mereka yang terlalu antusias menggunakan eksfoliator, berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi pengelupasan kulit berlebih dan merawat kulit sensitif.

1. Hentikan penggunaan produk pengelupasan kulit

Jika Anda melihat tanda-tanda pengelupasan kulit yang berlebihan, langkah pertama dan terpenting adalah berhenti menggunakan semua produk pengelupasan kulit. Ini termasuk scrub mekanis yang keras dan produk kimia seperti AHA (asam alfa hidroksi) dan BHA (asam beta hidroksi). Menghilangkan iritasi ini akan membantu menghindari iritasi lebih lanjut pada kulit

2. Hindari produk yang mengiritasi lainnya.

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif atau bahan kimia yang menyebabkan iritasi, seperti retinol dan vitamin C. Pilihlah produk yang lembut di kulit dan diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

BACA JUGA:Alasan Mengapa Produk Perawatan Kulit yang Digunakan Tidak Bekerja Secara Maksimal

3. Gunakan pelembab yang menutrisi  

Kulit yang terkelupas secara berlebihan akan kehilangan kelembapannya. Pilihlah pelembap yang kaya akan bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan seperti lidah buaya, ceramide, dan asam hialuronat. Pelembab yang tepat akan membantu mengembalikan keseimbangan kelembapan pada kulit Anda.

4. Oleskan masker pelembab  

Masker pelembab dapat memberikan hidrasi ekstra pada kulit yang terasa kering dan teriritasi. Masker dengan bahan-bahan seperti oatmeal dan madu dapat membantu menenangkan kulit dan meredakan kemerahan.

5. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan  

Kulit yang terkelupas lebih rentan terhadap sinar matahari, jadi penting untuk melindunginya dengan tabir surya ber-SPF tinggi. Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV, tetapi juga mencegah eksaserbasi kulit sensitif.

6. Berikan waktu untuk pemulihan

Kategori :