5 Manfaat Buah Nangka, dari Jantung hingga Bantu Turunkan Gula Darah

5 Manfaat Buah Nangka, dari Jantung hingga Bantu Turunkan Gula Darah

ilustrasi buah nangka/istock/credit by: pada smith--

3.Mendukung Jantung Sehat

Selain fitonutrien, nangka juga mengandung potasium dan serat yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi ini membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4.Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh

BACA JUGA:5 Kalimat Sederhana yang Bisa Bantu Mengurangi Stres dan Kecemasan dalam Hidup Kamu

BACA JUGA:Gen Z Wajib Tahu! Ini 4 Tantangan dan Solusi dalam Mengelola Biaya Hidup di Kota Besar, Salah Satunya Ini

Kandungan serat yang baik untuk usus, vitamin C, dan beta-karoten dalam nangka berperan dalam mendukung kekebalan tubuh dan menurunkan risiko infeksi. 

Senyawa dalam biji nangka diketahui dapat mengaktifkan neutrofil, yaitu sel imun yang berperan sebagai pertahanan pertama tubuh dan memediasi proses peradangan.

5.Menurunkan Kadar Gula Darah

Nangka memiliki skor rendah pada indeks glikemik (GI), yang berarti karbohidratnya dicerna perlahan, menghasilkan peningkatan kadar gula darah yang bertahap. Hal ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Selain itu, fitonutrien yang terdapat dalam daun nangka diketahui dapat meningkatkan toleransi glukosa, baik pada orang dengan gula darah normal maupun penderita diabetes.

Namun, bagi mereka yang memiliki alergi terhadap serbuk sari birch atau lateks, perlu berhati-hati karena bisa mengalami reaksi silang dengan nangka.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kandungan nutrisi dalam buah nangka. Selain rasanya yang lezat, nangka memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, mulai dari vitamin, mineral, hingga fitonutrien yang berfungsi untuk mendukung kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga membantu mengontrol kadar gula darah. 

Dengan mengonsumsinya secara rutin dan seimbang, anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari buah tropis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: