Mengenal Duck Syndrome, Gangguan Psikologis yang Banyak di Alami Gen Z

Mengenal Duck Syndrome, Gangguan Psikologis yang Banyak di Alami Gen Z

Ilustrasi Duck Syndrome-pixabay/pasaja 1000-

INFORADAR.ID - Duck Syndrome atau bebek syndrome saat ini sedang ramai di perbincangkan oleh gen z di sosial media terkhusus tik-tok.

Istilah Duck Syndrome sendiri bukanlah Istilah yang sudah lama ada, tetapi menjadi ramai kembali karena banyak yang merasa releat dengan Istilah psikologis ini terutama gen z.

Duck Syndrome sendiri memiliki artian dimana seseorang yang tampak tenang ketika sedang menjalani kehidupan sehari-harinya, tetapi sebenarnya dia sedang mengalami sesuatu yang begitu rumit seperti tekanan serta tuntutan dan tidak menunjukkan hal tersebut melainkan memilih untuk tetap tenang. 

Hal ini layaknya seperti bebek yang sedang berenang di air, seolah-olah tenang di atas permukaan air tetapi kakinya yang di dalam air sedang berusaha susah payah bergerak agar tubuhnya bisa tetap berada di permukaan air.  

BACA JUGA:3 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Otak, Masa Tua Anti Pikun

BACA JUGA:Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami, Ini Solusi Skincare yang Aman dan Efektif

Duck Syndrome bisa dialami oleh siapa pun, tetapi biasanya banyak menimpa pada usia remaja sampai dewasa.

Penyebab utama dari Duck Syndrome sendiri begitu banyak seperti tuntutan akademik, ekspektasi tinggi dari keluarga, traumatis, lingkungan yang toxic, pengaruh media sosial dan masih banyak lagi.

Untuk gejalacnya sendiri tidak bisa dilihat dengan kasat mata tetapi ciri-cirinya sendiri mirip dengan gangguan mental lain seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Memang gangguan psikologis ini sepertinya hal yang sepele dan tidak terlalu berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari, tetapi jika gangguan ini tidak ditangani mungkin dampaknya bisa lebih besar seperti gangguan kejiwaan dan depresi yang berakhir pada tindakan mengakhiri hidup.

BACA JUGA:Kenali Jam Koma, Istilah Baru Gen Z yang Ramai di Media Sosial

BACA JUGA:Viral! Ini Arti Jam Koma Bahasa Gaul yang Sering Diungkapkan Gen Z di Media Sosial TikTok

Setiap orang memang mengalami masalahnya sendiri-sendiri, tetapi tiap orang juga belum tentu mampu bisa menopang beban yang dia alami. maka dari itu berikut ini adalah cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Duck Syndrome.

Jangan malu untuk bercerita tentang beban yang sedang kalian alami. hal ini bisa kalian lakukan kepada teman, sahabat, ataupun kalu bisa langsung lakukan konseling ke psikolog

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: