Asal Usul Bikini, Ternyata dari Keterbatasan Kain Akibat Perang Dunia

Asal Usul Bikini, Ternyata dari Keterbatasan Kain Akibat Perang Dunia

Potret wanita mengenakan bikini-Pexels-pixabay.com

INFORADAR.ID - Anda tidak mungkin tidak mengetahui bikini bukan? Tapi apakah Anda tahu cerita atau asal usul bikini di dunia?

Melansir Fashion Law Journal,awal mula bikini bermula dari keterbatasan kain akibat Perang Dunia II. Desainer Prancis, Jacques Heim dan Louis Réard, mencoba memanfaatkan situasi ini dengan menciptakan pakaian renang dua potong yang lebih kecil.

Pada tahun 1932, Heim membuat "Atome," yang menutupi pusar, namun desain tersebut belum sepopuler bikini yang kita kenal sekarang.

Empat belas tahun kemudian, tepatnya pada 5 Juli 1946, Louis Réard merancang bikini modern yang memperlihatkan pusar wanita, sesuatu yang belum diterima di masyarakat saat itu. Ia meluncurkannya di kolam renang terkenal, Piscine Molitor di Paris.

Karena sulit menemukan model profesional yang bersedia mengenakannya, Micheline Bernardini, seorang gadis panggung, akhirnya menjadi model pertama yang memamerkan bikini tersebut. Desainnya yang hanya terdiri dari empat segitiga kecil menghebohkan dunia.

Bahkan, Réard dengan bangga menunjukkan bahwa bikini ini bisa dimasukkan ke dalam sebuah kotak korek api, menegaskan ukurannya yang sangat kecil.

BACA JUGA:Harga Bra dan Celana Dalam Wanita Ini Ada yang Hampir 100 Juta, Bagaimana Penampakannya ya?

Asal Nama Bikini

 

Nama "bikini" sendiri diambil dari uji coba nuklir di Bikini Atoll yang berlangsung beberapa hari sebelum peluncuran tersebut, mengisyaratkan bahwa dampaknya akan "mengguncang" dunia mode.

Meskipun peluncuran bikini langsung menarik perhatian publik, ia juga menimbulkan kontroversi besar. Banyak yang menganggap pakaian ini tidak senonoh karena memperlihatkan pusar, sesuatu yang tabu pada masa itu.

Namun, di balik kontroversi tersebut, bikini mulai diasosiasikan dengan kebebasan wanita, menjadi simbol perlawanan terhadap norma-norma patriarki.

BACA JUGA:Satu Baju Sejuta Look, Styling Kemeja Simple Cocok Untuk Semua Kegiatan

Evolusi dan Peran Bikini dalam Budaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fashionlawjournal.com