Menumbuhkan Motivasi Belajar Intrinsik Lewat Buku 'The Learning Game'

Menumbuhkan Motivasi Belajar Intrinsik Lewat Buku 'The Learning Game'

Buku 'The Learning Game' -web/ Sekar Writes-

Saat di sekolah, kegagalan sering kali dianggap sebagai sesuatu yang negatif dan wajib untuk dihindari. Padahal dalam kehidupan nyata dan dunia kerja, kegagalan adalah sebuah proses yang memang harus dilalui untuk bisa belajar. 

BACA JUGA:Gen Z Lebih Suka Kerja Remote atau Ngantor?

BACA JUGA:Destinasi Wisata Banten yang Menjadi Tujuan Liburan Wisatawan Luar Negeri

Jadi, kegagalan di usia dini bukan lah sesuatu yang harus dihukum. Justru, menurut penulisnya kita harus mengajarkan anak-anak untuk berani gagal dan mencoba berbagai macam hal agar nantinya mereka tau apa yang bisa mereka kerjakan dengan baik, apa yang bisa membuat mereka gagal, dan juga sadar waktunya berhenti dan move on. 

Ana Lorena juga memberikan beberapa cara, seperti: Membagikan cerita kegagalan pribadi kepada anak, menggunakan kisah inspirasional tokoh favorit yang berhasil melewati kegagalan, misalnya memberikan ruang kepada anak untuk merenung dan berdiskusi serta merayakan kegagalan sebagai kesempatan untuk mencoba lagi. 

3. Biarkan anak-anak yang memimpin 

Terkadang sebagai orang dewasa, kita merasa gemas dan gatal ingin membantu anak-anak, ingin langsung memberikan jalan tercepat dan termudah. Niatnya memang baik, tetapi justru tidak mengajarkan anak untuk bisa mandiri dan mengembangkan diri secara maksimal. 

Menurut Ana, kita bisa memotivasi anak dengan cara-cara yang membuat anak lebih terlibat dan memimpin sebuah permasalahan, misalnya;

- Dari pada langsung memberikan perintah, berikanlah opsi yang bisa mereka pilih sehingga mereka merasa lebih mempunyai andil dan tanggung jawab. 

- Libatkan anak saat membuat keputusan, tanyakan pendapat dan keinginan mereka. 

- Biarkan anak terus bertanya, ada rasa penasaran dari anak yang berkembang, sehingga dia bisa terus berpikir kritis dan mengerti alasan di balik sebuah kejadian atau keputusan. 

- Berikan mereka ruang untuk eksplorasi dan mengambil inisiatif. Biasakan anak-anak untuk tidak selalu menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu, melainkan biarkan mereka yang mencetuskan ide dan berinisiatif untuk mengerjakan hal tersebut. 

Maudy Ayunda, sebagai orang yang menyukai dunia pendidikan, ia merasa buku ini membuatnya berhenti sejenak dan berpikir.

Teori tentang pentingnya membangun motivasi intrinsik di dalam proses belajar, menurutnya buku ini bagus untuk membuka pandangan terhadap dunia pendidikan dan tidak hanya berlaku untuk orang yang masih sekolah, tapi bisa menjadi panduan untuk para orang tua, guru, akademisi atau siapapun yang tertarik untuk belajar menjadi lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: