Workshop Mendongeng di Rumah Dunia, Bangkitkan Literasi Anak Sejak Dini

Workshop Mendongeng di Rumah Dunia, Bangkitkan Literasi Anak Sejak Dini

Foto bersama setelah workshop mendongeng Rumah Dunia.-Putri Anastasia Bangalino Suryana/Mahasiswa Magang-

INFORADAR.ID - Rumah Dunia, sebuah komunitas literasi terkemuka di Kota Serang, menggelar workshop mendongeng bertema Membangkitkan literasi Sejak Dini Melalui mendongeng, yang dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Peserta workshop mendongeng ini didominasi oleh ibu-ibu di sekitar Rumah Dunia, yang turut serta dalam kegiatan ini untuk memperkuat literasi di lingkungan mereka.

Workshop mendongeng ini menghadirkan dua pembicara utama, yaitu Diofani, seorang relawan dan pendongeng Rumah Dunia, serta RG Kedung Kaban, yang lebih akrab disapa Igun, pendiri Rolling Action dan juga pendongeng di Rumah Dunia. 

Acara ini menjadi salah satu upaya Rumah Dunia untuk meningkatkan literasi masyarakat, terutama melalui metode mendongeng yang menghibur dan mendidik.

BACA JUGA:5 Zodiak yang Jago dalam Berbisnis, Pemikir Matang dan Pakar dalam Mengatur Keuangan

BACA JUGA:Kenali 6 Tanda WhatsApp Kamu Diblokir Orang Lain, Begini Cara Ceknya

Kegiatan ini tidak hanya mencakup penyampaian materi terkait literasi dan teknik mendongeng, tetapi juga diisi dengan pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman peserta, serta praktek mendongeng yang dilakukan langsung oleh peserta.

Dengan begitu, peserta dapat langsung mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari di depan peserta lainnya.

Menurut Tias Tatanka, selaku penanggung jawab kegiatan, workshop ini merupakan bagian dari program bantuan pemerintah untuk memperkuat komunitas penggerak literasi. 

Bantuan tersebut berasal dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Percaya Diri Saja, Ternyata Ini 5 Tanda Lain Psikologis Orang Banyak Tersenyum

BACA JUGA:Fakta Menarik, Okarun dari Anime Dan Da Dan Dinamai dari Ikon Film Jepang!

Rumah Dunia sendiri merupakan salah satu dari 340 komunitas penggerak literasi yang menerima dana bantuan sebesar Rp 50 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: