Indonesia Jadi Pusat Gamer Dunia, Hampir 100 Persen Pengguna Internet Aktif Bermain Game

Indonesia Jadi Pusat Gamer Dunia, Hampir 100 Persen Pengguna Internet Aktif Bermain Game

Indonesia, negara dengan jumlah pengguna internet yang aktif bermain game-SAIYEDIRFANANWARHUSHEN-pixabay.com

INFORADAR.ID - Melansir Statista pada 15 Oktober 2024, survei global pada kuartal pertama tahun 2024 menunjukkan bahwa 83,6 persen pengguna internet di seluruh dunia memainkan video game di perangkat apapun, mencerminkan betapa luasnya fenomena game ini telah merambah kehidupan sehari-hari.

Di Asia Tenggara, Filipina menempati peringkat pertama dengan 97,1 persen pengguna internet yang terlibat dalam video game

Namun, Indonesia tak kalah menonjol, berada di posisi kedua dengan 95,9 persen responden menyatakan bahwa mereka adalah gamer aktif. 

Ini menunjukkan bahwa budaya game di Indonesia berkembang pesat, bahkan melebihi negara-negara seperti Inggris dan Jepang, yang hanya mencapai angka partisipasi masing-masing 71,1 persen dan 67,8 persen.

Dampak game mobile di Indonesia tidak bisa diabaikan. Dengan tingkat penetrasi internet yang semakin tinggi, ponsel pintar telah menjadi alat utama untuk bermain game di kalangan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Cara Main Game PlayStation Plus di Steam Deck

BACA JUGA:Rekomendasi Game Multiplayer, Bisa Mabar Sama Bestie Kamu

Survei dari April 2024 menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen pengguna global bermain game di smartphone mereka, termasuk di Indonesia, di mana ponsel pintar adalah pilihan paling populer untuk bermain. 

Sementara itu, hanya 34 persen gamer global yang menggunakan laptop atau PC desktop, menunjukkan pergeseran preferensi ke arah perangkat mobile yang lebih mudah diakses dan praktis.

Menariknya, permainan video game tak hanya diminati oleh kalangan muda. Di Indonesia, tren ini pun terlihat sama seperti di seluruh dunia.

Menurut survei pada kuartal ketiga tahun 2023, 89,6 persen wanita berusia 16 hingga 24 tahun memainkan video game di perangkat apapun, sementara angka ini mencapai 92,6 persen untuk pria di kelompok usia yang sama. 

Bahkan, 70 persen pengguna internet berusia 55 hingga 64 tahun pun mengaku aktif bermain game. Hal ini mengindikasikan bahwa video game tidak lagi terbatas pada generasi muda, namun juga merambah kelompok usia yang lebih tua.

BACA JUGA:Game Seru Ini Cocok untuk Kamu yang Sering Merasa Bosan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: statista.com