Hobi-Hobi Sederhana yang Membuat Otak Semakin Jenius

Hobi-Hobi Sederhana yang Membuat Otak Semakin Jenius

Cara membuat otak semakin jenius melalui hobi-Imay GenRB-

INFORADAR.ID - Saat ini banyak orang berpikir bahwa kecerdasan adalah sesuatu yang kita miliki secara bawaan sejak lahir padahal sebenarnya kecerdasan bisa ditingkatkan dan diasah. 

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan adalah melalui hobi, hobi yang kita lakukan sehari-hari bisa punya dampak yang luar biasa terhadap kemampuan otak kita. 

Hobi yang kita lakukan tidak hanya membuat kita merasa rileks atau bahagia, tapi juga bisa memperkuat daya ingat, melatih fokus dan meningkatkan kreativitas. 

Dalam video yang diunggah oleh akun youtube Sinergi Diri membahas beberapa hobi yang terbukti bisa membuat otak kita semakin cerdas bukan cuma ngomong saja, tapi ada banyak penelitian yang mendukung manfaat dari hobi ini. 

BACA JUGA:Ini 3 Zodiak yang Paling Berani Cut Off Orang yang Toxic, Kamu Salah Satunya?

BACA JUGA:Menghadapi Tekanan Sosial, Ini 4 Perbedaan Antara Milenial dan Gen Z

1. Membaca buku

Hobi yang paling klasik tapi juga paling efektif untuk meningkatkan kecerdasan adalah membaca buku. Membaca buku dapat merangsang otak untuk berpikir kritis, menganalisis dan memahami informasi baru. 

Otak ibarat otot, semakin sering kita menggunakannya semakin kuat dan fleksibel, membaca buku meningkatkan kemampuan berpikir logis memperluas kosakata dan meningkatkan daya ingat. 

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di neurologi, orang yang sering membaca sejak kecil memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer, selain itu membaca juga dapat membantu untuk berpikir lebih analitis. 

2. Bermain musik

Bermain musik bukan hanya hiburan, tetapi juga sebuah latihan otak yang kompleks. Menurut penelitian dari Harvard Medical School, bermain alat musik meningkatkan volume materi abu-abu di otak yang terkait dengan memori emosi dan keterampilan motorik. 

Proses belajar musik melibatkan koordinasi antara banyak bagian otak sekaligus pendengaran, penglihatan dan gerakan. Selain itu bermain musik dapat meningkatkan kemampuan multitasking dan konsentrasi. 

3. Bermain catur atau permainan strategi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: