5 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Alhamdulillah Indonesia Tidak

5 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia, Alhamdulillah Indonesia Tidak

Ilustrasi negara dengan polusi udara terburuk di dunia-resprouk-pixabay.com

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2022 juga menunjukkan bahwa polusi udara menyebabkan 7 juta kematian dini setiap tahun.

Sebanyak 91-99% populasi dunia tinggal di daerah dengan kualitas udara yang melebihi standar yang direkomendasikan oleh WHO.

BACA JUGA:Negara dengan Rata-rata Gaji Tertinggi dan Terendah di Asia Tenggara Tahun 2024, Indonesia Masuk Kategori Ini

Daftar Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia

1. Chad

Ibu kota Chad, N'Djamena, sering kali dilanda badai debu yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, ketergantungan yang tinggi pada biomassa sebagai sumber energi utama untuk memasak dan pemanas semakin memperparah polusi dalam ruangan.

Kondisi ini membawa dampak kesehatan yang serius, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak dan wanita.

2. Irak

Polusi udara di Irak semakin memburuk akibat perkembangan industri, kemacetan lalu lintas, dan badai debu yang sering terjadi. Konflik yang berkepanjangan juga memperburuk situasi dengan merusak infrastruktur dan meningkatkan konsentrasi debu.

Kota-kota besar seperti Baghdad sangat terdampak, dengan polusi yang dipicu oleh lalu lintas padat serta pembakaran gas di sektor minyak.

3. Pakistan

Pakistan terus berjuang melawan polusi udara yang disebabkan oleh emisi kendaraan, limbah industri, dan pembakaran lahan pertanian. Kota-kota seperti Lahore dan Karachi mengalami tingkat polusi yang sangat tinggi, membahayakan kesehatan jutaan orang.

Upaya pemerintah untuk mengatasi masalah ini menghadapi tantangan besar dalam menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

4. Bahrain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: who.int