Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia, Sudah Berlari Mengejar Bola Sebelum Negara Ini Berdiri

Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia, Sudah Berlari Mengejar Bola Sebelum Negara Ini Berdiri

Ilustrasi klub sepak bola tertua di Indonesia-Markus Spiske-pixabay.com

Klub ini bermula pada 1925 sebagai tim Perserikatan. Setelah bergabung dengan Putra Samarinda sekitar 2003-2004, klub ini menjadi Persisam Putra Samarinda. Pada 2015, klub tersebut berubah menjadi Bali United dan berpindah markas ke Bali.

5. Persiwa Wamena

Berdiri pada tahun 1925, Persiwa Wamena pernah meraih posisi runner-up di Indonesia Super League 2008 dan mewakili Indonesia di Piala AFC 2010.

6. Persekap Pasuruan

Klub asal Kota Pasuruan, Jawa Timur, berdiri pada tahun 1926 dan bermarkas di Stadion Untung Suropati. Persekap Pasuruan kini bermain di Liga 3 Indonesia.

7. Persebaya Surabaya

Berdiri pada 18 Juni 1927, Persebaya Surabaya awalnya dikenal sebagai Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond. Klub ini juga berperan penting dalam pembentukan PSSI. Setelah beberapa kali berganti nama, akhirnya pada 1960 klub ini resmi bernama Persebaya.

8. Persija Jakarta

Dibentuk pada 28 November 1928 dengan nama Voetbalbond Indonesia Jacatra, klub ini berubah nama menjadi Persija Jakarta pada 1950. Sebagai Macan Kemayoran, klub ini juga berkontribusi dalam pendirian PSSI.

BACA JUGA:Daftar Negara dengan Wanita Tercantik di Dunia, Indonesia Peringkat ke Berapa? Yuk Cek di Sini

9. PSBI Blitar

Berdiri pada 8 Desember 1928, PSBI Blitar memiliki Stadion Gelora Penataran di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, sebagai markas.

10. PSP Padang

Klub bola lainnya yang berdiri pada 1928 adalah PSP Padang. Klub ini awalnya bernama Sport Vereniging Minang sebelum berubah menjadi Voetbalbond Padang en Omstreken pada 1935. Nama PSP Padang muncul setelah pendudukan Jepang di Indonesia.

BACA JUGA:Menelusuri Air Terjun Spektakuler di Indonesia yang Menyihir Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id