Ternyata Posisi Tidur Punya Efek untuk Kesehatan, Bagaimana Biasanya Posisi Tidurmu?

Ternyata Posisi Tidur Punya Efek untuk Kesehatan, Bagaimana Biasanya Posisi Tidurmu?

Potret Orang yang sedang tidur-pinterest/Jimena-

INFORADAR.ID - Posisi tidur memiliki efek untuk kesehatan. Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa cara kita tidur dapat memengaruhi kualitas tidur dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Setiap posisi tidur memiliki dampak yang berbeda, baik pada sistem pernapasan, pencernaan, maupun pada kesehatan tulang dan sendi.

Jika kita tidur dalam posisi yang tidak ideal, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti nyeri punggung, kesulitan bernapas, atau bahkan gangguan pencernaan. 

BACA JUGA:Jangan Langsung Tidur, Ini Tips Pakai Skincare Malam Hari ala dr Vika Damay

Sebaliknya, memilih posisi tidur yang tepat dapat membantu mencegah masalah-masalah tersebut dan meningkatkan kualitas tidur kita.

Bagaimana dengan posisi tidurmu? Apakah kamu merasa nyaman dan segar saat bangun pagi, atau justru sebaliknya?

Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai berbagai posisi tidur dan efeknya terhadap kesehatan, serta bagaimana kita bisa menyesuaikan posisi tidur untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi tubuh kita.

Dilansir dari akun TikTok @bearbites.id, Dokter Akbar Ghaus menjelaskan bahwa setiap posisi tidur memiliki manfaatnya sendiri, diantaranya:

BACA JUGA:Apa Penyebab Orang Sering Mengigau Saat Tidur? Benarkah Karena Stres? Simak Penjelasannya

1. Posisi Tidur Miring

Dokter yang juga manajer Sport Science Center mengungkapkan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri membuat lambung berada di bawah.

Dengan posisi ini, gaya gravitasi tidak menyebabkan makanan kembali ke area mulut.

Tidur dengan posisi miring ke kiri lebih menguntungkan bagi orang yang mengalami Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau rasa terbakar di dada dan ulu hati setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: