Merasa Khawatir Menjadi Gen Z Susah Mencari Pekerjaan, Tips Ini Bisa Kamu Ikuti Agar Tidak Salah Jalan!

Merasa Khawatir Menjadi Gen Z Susah Mencari Pekerjaan, Tips Ini Bisa Kamu Ikuti Agar Tidak Salah Jalan!

Ilustrasi Gen Z-Hasbi GenRB-

INFORADAR.ID- Gen Z merupakan istilah untuk menyebut generasi muda zaman sekarang. Kelompok anak muda yang menjadi dan memberi pengaruh kuat pada lingkungan dari segala usia.

Bagi Gen Z, poin utamanya bukanlah mendefinisikan diri mereka sendiri melalui satu stereotip, namun lebih kepada individu untuk bereksperimen dengan berbagai cara untuk menjadi diri mereka sendiri dan membentuk identitas individu mereka dari waktu ke waktu.

Kabar buruk tersebut muncul berdasarkan hasil survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023, yang menyatakan sekitar 9,9 juta generasi Z di Indonesia menganggur. Jumlah itu setara dengan 22,25% dari total populasi usia muda di Indonesia. Angka yang sangat besar, bukan?

Ternyata, penyebab utama jumlah angka pengangguran masih tinggi adalah ketidaksesuaian antara kompetensi calon rekrutmen dan permintaan perusahaan. Para perusahaan mencari calon rekrutmen yang dapat bekerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Memperkuat Nilai-nilai Pancasila, BPIP Sosialisasikan Pancasila di Kalangan Milenial dan Gen Z

BACA JUGA:Kata Gen Z Tentang Kriteria Utama Dalam Memilih Pemimpin Menjelang Pilkada 2024

1. Membangun Personal Branding

Saat ini, media sosial bukan hanya tempat untuk bersenang-senang, tapi juga bisa digunakan untuk membangun citra profesional. 

Mulai dari LinkedIn yang fokus pada karir, sampai Instagram yang lebih santai, kamu bisa menunjukkan siapa dirimu secara profesional di berbagai platform tersebut. 

Untuk itu, jangan ragu untuk membagikan pencapaianmu, pengalaman kerjamu, atau proyek yang telah kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan dalam suatu perusahaan.

Dalam membentuk personal branding, perlu diketahui target atau pihak seperti apa yang menjadi tujuan utama. Penentuan target ini akan memengaruhi hal-hal yang harus dilakukan untuk semakin mengembangkan branding yang akan dibangun.

2. Mengikuti Pelatihan dan Kursus Online

Dunia kerja terus berkembang, dan kamu juga harus terus belajar agar tetap relevan. Salah satu tips mendapatkan pekerjaan untuk kaum Gen Z adalah mengikuti pelatihan dan kursus online. 

BACA JUGA:Gen Z Hingga Milenial Asia Demam Koleksi Labubu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: