7 Fakta Mengejutkan Tentang Kanker Kulit, Hati-hati Khususnya untuk Anak Muda

7 Fakta Mengejutkan Tentang Kanker Kulit, Hati-hati Khususnya untuk Anak Muda

Ilustrasi: Fakta mengejutkan tentang kanker kulit-Freepik.com-

-Diameter: Titiknya lebih besar dari penghapus pensil.

-Berevolusi: Tahi lalat berubah dalam ukuran, bentuk, atau warna.

Namun melanoma juga dapat terlihat seperti luka atau jerawat yang tidak kunjung sembuh. Menurut American Cancer Society, melanoma dapat terasa gatal, mengeluarkan cairan, berdarah, atau sakit. Gejala kanker kulit yang sama ini juga dapat menjadi tanda kanker kulit sel basal atau skuamosa.

5. Tidak ada jenis kanker kulit yang baik

Melanoma adalah bentuk kanker kulit yang paling mematikan, itulah sebabnya beberapa orang menyebut jenis kanker kulit lainnya (sel basal atau sel skuamosa) sebagai "jenis yang baik." 

Tidak ada jenis kanker kulit yang baik. Kanker kulit sel skuamosa yang tidak diobati, khususnya, dapat tumbuh besar, menyebabkan ketidaknyamanan, dan dapat menyebar. Karsinoma sel basal juga dapat menyebabkan kerusakan jika tidak diobati sejak dini.

6. Sinar UV matahari bukan satu-satunya penyebab kanker kulit

Paparan sinar ultraviolet matahari merupakan penyebab utama kanker kulit dan sesi tanning di dalam ruangan juga meningkatkan risiko tetapi faktor genetika berperan. 

Jika seseorang dalam keluarga kamu pernah berjuang melawan kanker kulit, kamu mungkin berisiko lebih tinggi. 

Faktor risiko lainnya adalah jika kamu pernah mengonsumsi obat imunosupresan setelah transplantasi organ karena obat tersebut menekan kekebalan tubuh.

7. Masih belum menggunakan Sunscreen 

Meskipun semua pesan kesehatan masyarakat tentang risiko matahari dan kanker kulit, kebanyakan dari kita hanya menggunakan 25 hingga 50 persen dari jumlah sunscreen yang disarankan.

Nah, itulah beberapa fakta mengejutkan tentang kanker kulit yang harus kamu tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: