Kenalkan Inovasi Baru Kemasan Emping Melinjo, KKM 36 UNIBA Gelar Seminar UMKM di Kampung Cibuih

Kenalkan Inovasi Baru Kemasan Emping Melinjo, KKM 36 UNIBA Gelar Seminar UMKM di Kampung Cibuih

Pasca seminar UMKM pengenalan kemasan emping melonjo terbaru.-doc pribadi-

INFORADAR.ID – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 36 dari Universitas Bina Bangsa (UNIBA) kenalkan kemasan terbaru untuk produk lokal eming melinjo di Kampung Cibuih, Desa Bulakan, Serang, Banten, pada Rabu (21/08/24).

KKM kelompok 36 UNIBA telah berhasil menciptakan inovasi terbaru dalam kemasan produk lokal emping melinjo yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik produk lokal, tetapi juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Melalui kegiatan KKM yang dilaksanakan selama beberapa minggu, mahasiswa KKM 36 UNIBA mengadakan serangkaian riset dan diskusi dengan para pengrajin emping melinjo di Kampung Cibuih. 

Mereka menemukan bahwa salah satu kendala yang dihadapi para pengrajin adalah keterbatasan dalam hal media sosial, desain dan kualitas kemasan, yang menyebabkan produk emping melinjo sulit bersaing di pasar yang lebih luas.

BACA JUGA:Mahasiswa KKM Al-Khairiyah Kolaborasi dengan Warga, Gelar Peringatan HUT ke-79 RI di Desa Kalumpang

BACA JUGA:KKM 36 UNIBA Gelar Seminar Hukum: Langkah Bijak, Tindak Tepat dalam Menghadapi Kekerasan dalam Rumah Tangga

Menanggapi masalah ini, tim KKM 36 UNIBA berkolaborasi dengan para pengrajin untuk mengembangkan kemasan baru yang lebih menarik dan fungsional. 

Kemasan ini dirancang dengan memperhatikan aspek kebersihan, ketahanan, serta nilai estetika, sehingga produk emping melinjo memiliki nilai tambah yang dapat menarik perhatian konsumen di pasar modern.

Inovasi kemasan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat. Salah satu pengrajin emping melinjo, Marsinah, menyatakan bahwa kemasan baru ini tidak hanya membantu meningkatkan penjualan tetapi juga memberi kebanggaan tersendiri bagi para pengrajin.

"Biasanya kami hanya menggunakan plastik biasa untuk mengemas emping melinjo. Dengan adanya kemasan baru ini, produk kami jadi lebih menarik dan banyak diminati. Terima kasih untuk adik-adik dari Mahasiswa KKM 36 UNIBA yang sudah membantu kami," ujar Marsinah.

Ketua tim KKM 36 UNIBA dan Ketua Bidang Ekonomi Kreatif, Saiful dan Gunawan, mengungkapkan bahwa inovasi ini merupakan bagian dari upaya tim KKM 36 UNIBA untuk memberdayakan masyarakat desa melalui pendekatan yang praktis dan berkelanjutan. 

BACA JUGA:Pemerintah Desa Bulakan Gelar Karnaval Memperingati HUT RI ke-79, Mahasiswa KKM 36 UNIBA Turut Berpartisipasi

BACA JUGA:KKM UNIBA Bantu Bakti Sosial RS Ahmad Wardi dan Dompet Dhuafa Saat Gelar Operasi Katarak Gratis

“Kami berharap dengan adanya kemasan baru ini, emping melinjo dari Desa Bulakan dapat bersaing di pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke luar daerah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: