Waspada Gempa Megathrust di Indonesia, Inilah Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan ketika Gempa Bumi

Waspada Gempa Megathrust di Indonesia, Inilah Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan ketika Gempa Bumi

Potensi Gempa Bumi Megathrust di Indonesia -Pinterest/Andressa Porto-

INFORADAR.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memberikan peringatan dini tentang potensi terjadinya Gempa Megathrust yang dapat memicu tsunami.

Berdasarkan informasi yang telah dirilis BMKG, Gempa Bumi Megathrust diperkirakan akan mengguncang Selat Sunda dengan kekuatan M 8.7 dan Mentawai - Suberut dengan kekuatan M 8.9 yang telah lama tidak melepas energinya.

Di Indonesia zona megathrust tersebar dibeberapa wilayah di Indonesia. zona megathrust ini meliputi Zona Subduksi Mentawai - Siberut (di sepanjang barat Sumatera atau di Barat Kepulauan Mentawai), Zina Subduksi Sunda yang memanjang di Selatan Sumatera, Jawa, Balli Lombok, dan Sumba.

Berdasarkan informasi dari BMKG, aktivitas zona megathrust pada Selat Sunda sampai saat ini menjadi ancaman terbesar karena zona ini menyimpan energi yang sangat kuat.

Akun Tiktok Info Palabuhanratu turut membagikan  informasi mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan ketika terjadi gempa bumi yaitu sebagai berikut. 

1. Tas dan Peralatan Darurat 

Hal pertama yang harus kamu persiapkan sebelum terjadi gempa bumi yaitu menyiapkan tas darurat.

Tas darurat ini berfungsi untuk menampung keperluan mendesakmu ketika menunggu bantuan evakuasi.

Kamu dapat mengisi tas daruratmu dengan berbagai barang yang paling kamu butuhkan yaitu pakaian, makanan, powerbank dan senter, obat-obatan, dokumen penting, dan barang lainnya yang menurutmu penting.

Hindari mengisi tas dengan barang-barang yang tidak terlalu penting agar proses evakuasi dan penyelamatan berjalan dengan lebih baik. 

BACA JUGA:G Fuel Resmi Rilis Minuman Buah Iblis dari One Piece

BACA JUGA:7 Rekomendasi Seri Samsung Galaxy M Mulai 2 Jutaan Desain Cakep Punya Kapasitas Besar

2. Hafalkan Kontak-kontak Darurat 

Kamu harus menyimpan nomor telepon darurat pada ponselmu untuk membantu evakuasi dan penyelamatan jika dibutuhkan ketika terjadi gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: