Persiapan HUT RI ke-79 di IKN, Bendungan Sepaku Semoi Sudah Siap Jadi Sumber Air Baku untuk Ibu Kota Nusantara

Persiapan HUT RI ke-79 di IKN, Bendungan Sepaku Semoi Sudah Siap Jadi Sumber Air Baku untuk Ibu Kota Nusantara

Bendungan Sepaku Semoi di IKN--Tangkap Layar Youtube/KemenPUPR

INFORADAR.ID - Momentum peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) semakin dekat, dengan persiapan penting yang terus dilakukan.

Salah satu persiapan penting menjelang HUT RI ke-79 di IKN adalah kesiapan Bendungan Sepaku Semoi sebagai sumber air baku untuk ibu kota baru Indonesia. 

Bendungan ini telah disiapkan untuk memastikan pasokan air yang memadai bagi kebutuhan sehari-hari penduduk di IKN, serta mendukung berbagai aktivitas perkotaan yang akan berkembang di sana.

BACA JUGA:Ini Rangkaian Acara HUT RI ke-79 Tahun 2024 yang Akan Digelar di IKN dan Jakarta

BACA JUGA:Bukan Sekedar Bumbu, Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Sebagai infrastruktur penting, Bendungan Sepaku Semoi diharapkan dapat menjadi tulang punggung keberlanjutan dan kemandirian air di ibu kota baru. 

Selain mempersiapkan infrastruktur air, pemerintah juga terus melakukan berbagai langkah untuk memastikan kesuksesan peringatan HUT RI ke-79 di IKN. 

Di Ibu Kota Nusantara (IKN), pasokan air sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Rumah Pompa Intake Sepaku menjadi salah satu sumber utama penyedia air minum di kawasan ini saat ini.

Diketahui untuk aliran airnya bisa mencapai 600 liter per satu detik. Penyaluran itu untuk satu pompa dan saat ini sudah terdapat 4 pompa yang masing-masing akan menyalurkan air ke berbagai wilayah IKN.

BACA JUGA:6 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Bapak-bapak yang Bikin Heboh, Yuk Meriahkan HUT RI ke-79

BACA JUGA:Skincare Apa Saja yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil? Ada yang Berakibat Fatal, Simak di Sini

Intake Sepaku ini adalah sumber air baku untuk keperluan air minum di IKN. Untuk kapasitasnya kurang lebih 3.000 liter per detik.

Selain sumber air baku juga terdapat sumber air lain yakni Bendungan Sepaku Semoi. 

“Bendungan Sepaku Semoi ini memiliki kapasitasnya adalah 2.500 liter per detik. Sudah diinstal melalui pengolahan air bersih di samping intake dan dialirkan melalui pipa sepanjang 16 km ke pusat pemerintah IKN,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari kanal Youtube KemenPUPR pada Jum’at, 2 Agustus 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: