Skincare Apa Saja yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil? Ada yang Berakibat Fatal, Simak di Sini

Skincare Apa Saja yang Tidak Boleh Untuk Ibu Hamil? Ada yang Berakibat Fatal, Simak di Sini

Potret Contoh Wanita yang Sedang Menggunakan Masker-cottonbro studio-Pexels.com

2. Salicylic Acid

Zat aktif ini telah terbukti sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah jerawat. Namun, bagi ibu hamil, penggunaan salicylic acid dalam jumlah tinggi bisa berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan. 

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk berhati-hati dan menghindari produk yang mengandung salicylic acid dengan konsentrasi tinggi.

3. Phthalates

Zat aktif phthalates biasanya ditemukan dalam berbagai produk, seperti sabun wajah, sampo, kutek, atau hairspray. Paparan phthalates setiap hari tentu tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. 

Zat ini dapat menyebabkan risiko serius, seperti kelahiran prematur dan gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan saraf bayi setelah lahir. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari produk yang mengandung phthalates demi keselamatan diri dan si kecil.

BACA JUGA:Ini Alasan Penting Mengapa Ibu Hamil Harus Mengonsumsi Buah Tomat

BACA JUGA:Penting, Ini 8 Tips Aman Memilih Roti yang Tanpa Bahan Pengawet Berbahaya

4. Oxybenzone

Zat aktif ini biasanya terdapat dalam produk sunscreen. Bagi ibu hamil, sebaiknya hindari produk yang mengandung zat ini karena dapat berpotensi mempengaruhi hormon selama kehamilan. Jika ibu tetap ingin menggunakan sunscreen untuk melindungi diri dari sinar matahari, disarankan untuk memilih sunscreen jenis physical yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. 

Jika ingin mengganti bahan utama tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Itulah informasi terkait kandungan zat aktif di dalam skincare yang tidak boleh digunakan oleh ibu hamil, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: