Upacara 17 Agustus di IKN dalam Rangka HUT RI ke-79, Rujukan Waktu Detik-detik Proklamasi Akan Ikut WIB

Upacara 17 Agustus di IKN dalam Rangka HUT RI ke-79, Rujukan Waktu Detik-detik Proklamasi Akan Ikut WIB

Pratikno, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) --Tangkap Layar Youtube/Sekretariat Presiden

INFORADAR.ID - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah menegaskan bahwa upacara detik-detik proklamasi secara resmi akan dilaksanakan di IKN Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024. 

Meskipun upacara 17 Agustus di IKN, pengacuan waktu untuk prosesi detik-detik proklamasi tetap mengikuti zona Waktu Indonesia Barat (WIB).

"Waktu detik-detik proklamasi mengikuti Waktu Indonesia Barat," jelas Pratikno dikutip dari kanal Youtube Sekretarian Presiden dalam konferensi pers Bulan Kemerdekaan di Kemensetneg, pada Kamis, 1 Agustus 2024.

BACA JUGA:6 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Bapak-bapak yang Bikin Heboh, Yuk Meriahkan HUT RI ke-79

BACA JUGA:Selain Jadi Guru, Ini Formasi CPNS dan PPPK 2024 untuk Lulusan S1 Pendidikan

Pratikno menjelaskan kembali bahwa upacara militer untuk peringatan 17 Agustus akan dilaksanakan di IKN Nusantara, dengan Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara.

Sementara itu, upacara peringatan 17 Agustus di Halaman Istana Merdeka Jakarta akan mengikuti tata cara yang sama dengan yang dilaksanakan di IKN Nusantara.

"Kemudian upacara penurunan Sangsaka Merah Putih juga dilaksanakan di dua tempat, baik di IKN maupun di Halaman Istana Merdeka Jakarta," jelasnya.

Selain itu, Pratikno juga mengungkapkan bahwa dalam rangkaian perayaan tahun ini, akan ada acara baru yaitu prosesi kirab Sangsaka Merah Putih dan juga pemindahan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional ke IKN.

BACA JUGA:Bikin Tumpeng untuk Lomba 17 Agustusan Jangan Asal, Ini Tips Agar Tumpeng Kokoh dan Warna Mengkilat

BACA JUGA:Tips Diet Ala Prilly Latuconsina Berhasil Turun 12 KG, Ternyata Terapkan Program Ini

"Kemudian juga ada pameran bersama arsip kepresidenan, judulnya menarik, Mari Kemari ke Nusantara, tanggal 8-20 Agustus 2024," tambahnya.

Pameran arsip tersebut, kata dia, akan menampilkan arsip dan barang kenangan dari Ibu Kota Negara.

"Kita punya sejarah panjang dari sebelum kemerdekaan hingga saat ini. Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia, semua pihak untuk memeriahkan bulan kemerdekaan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: