Zahid Ibrahim Beberkan Faktor Utama Penyebab Mahasiswa Merasa Gagal di Semester Sebelumnya

Zahid Ibrahim Beberkan Faktor Utama Penyebab Mahasiswa Merasa Gagal di Semester Sebelumnya

Zahid Ibrahim- Instagram @zahidibr-

INFORADAR.ID - Banyak mahasiswa yang mengalami penurunan nilai semester, termasuk salah satunya mahasiswa yang baru saja menyelesaikan semester kemarin atau sebelumnya.

Dalam video yang diunggah Zahid Ibrahim, ia mengungkapkan tiga faktor utama yang ia rasakan sebagai penyebab kegagalannya di semester kemarin. 

Kegagalan ini menyebabkan rasa penyesalan hingga insecure dalam menjalani perkuliahaan di semester yang sedang dijalani.

Berikut adalah ringkasan dari ketiga faktor tersebut:

BACA JUGA:UGM Masih Buka Beasiswa untuk Mahasiswa Baru: Pendaftaran Mulai Juli Sampai Agustus 2024, Ini Syaratnya

1. Terlalu Idealis

Zahid Ibrahim mengaku bahwa ia terlalu idealis dalam pendekatan belajarnya. Ia memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang menurutnya layak diperjuangkan dan apa yang tidak. 

Meskipun ini bisa menjadi kekuatan, namun di semester kemarin, hal tersebut bisa membuat kita merasa terlalu mengabaikan aturan-aturan permainan akademis yang ada. 

Misalnya, mahasiswa sering kali mengerjakan tugas dengan setengah hati karena merasa tugas tersebut tidak berguna atau terlalu dasar. Hal ini mengakibatkan performanya kalah dibandingkan teman-temannya yang mengikuti aturan akademis dengan lebih baik.

2. Kurangnya Feedback

Kesalahan kedua yang diakui oleh Zahid Ibrahim adalah kurangnya inisiatif untuk meminta feedback setelah mengumpulkan tugas atau menyelesaikan ujian. Ia cenderung membiarkan kesalahan berlalu tanpa mencari tahu di mana letak kesalahannya dan bagaimana cara memperbaikinya. 

Ketakutan untuk menerima kritik dan keengganan untuk mendekati dosen menjadi penghalang utama dalam mendapatkan feedback yang sebenarnya sangat diperlukan untuk perbaikan di masa depan.

BACA JUGA:Maxwell, Mahasiswa Kedokteran UNAIR Bangga Jadi Peserta Clash of Champions: Ini Seperti Tersandung Harta Karun

3. Menunda-nunda dan Mengabaikan Ketertinggalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: