Mengawali Gala Premier di Cilegon, Film Leuit Sang Alang Kenalkan Kebudayaan Banten Selatan

Mengawali Gala Premier di Cilegon, Film Leuit Sang Alang Kenalkan Kebudayaan Banten Selatan

Para pemain dan produser (tengah) film Leuit Sang Alang saat Gala Premiere di Cilegon pada 20 Juli 2024.-Nurbaeti-

INFORADAR.ID – Kremov Pictures menggelar Gala Premier film Leuit Sang Alang untuk pertama kalinya di Ramayana Cilegon XXI, Jalan Raya Serang, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon pada Sabtu, 20 Juli 2024.

Sejumlah pemeran utama dalam film Leuit Sang Alang turut hadir, seperti Felicia Caroline, Cipta Kesuma, DC Aryadi, Pipien Putri hingga artis senior Aris Kurniawan.

Kehadiran pemain beserta pihak Kremov Pictures dalam Gala Premier film Leuit Sang Alang disambut antusias masyarakat di Ramayana Cilegon XXI.

Darwin Mahesa selaku produser mengaku senang bisa menggelar Gala Premier film Leuit Sang Alang yang pertama. Pasalnya, film Leuit Sang Alang telah melalui banyak rintangan dalam produksinya. Kendati demikian, pihaknya (Kremov Pictures) terus berupaya agar film Leuit Sang Alang bisa menyelesaikan produksinya.

“Film ini telah diriset dari tahun 2023, namun saat itu terkendala biaya untuk memproduksinya. Dan Alhamdulillah ternyata dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Dana Indonesiana dan didukung oleh LPDP dari Kementerian Keuangan memfasilitasi produksi film Leuit Sang Alang,” katanya saat diwawancarai.

BACA JUGA:Keren, Film Leuit Sang Alang Angkat Tentang Kebudayaan Kasepuhan Ciptamulya: Begini Sinopsisnya

Selain Cilegon, film Leuit Sang Alang juga akan diputar di Kota Serang, Sukabumi hingga Jakarta sebelum ditayangkan di Belanda.

Film Leuit Sang Alang merupakan film yang mengangkat adat kasepuhan yang berada di Banten Selatan. Ditampilkan juga dalam film tersebut tempat tradisional untuk menampung bahan makanan yaitu leuit dan upacara adat Seren Taun.

“Pesan utamanya ingin mengenalkan leuit, tetapi karena generasi muda mencintai cerita yang kekinian, maka kami juga menyajikan cerita yang kekinian dengan dibalut romance,” jelas Darwin Mahesa dalam sambutan setelah diputarnya film Leuit Sang Alang.

Penyajian cerita film Leuit Sang Alang dengan kebudayaan yang ditonjolkan berhasil tersampaikan kepada penonton. Tidak hanya itu, para penonton juga terbawa suasana saat menyaksikan kisah asmara antara Alang dan Nadin yang diperankan oleh Cipta Kesuma dan Felicia Caroline.

Terlibat dalam film yang kental dengan cerita adat untuk pertama kalinya, Felicia Caroline mengaku mengalami kesulitan dalam memerankan sosok Nadin.

“Cukup kesulitan dalam bahasa sih, soalnya aku kan orang Jakarta. Terus (adegan) tari Jaipong juga,” tuturnya.

Meski begitu, Perempuan yang juga mengisi soundtrack film Leuit Sang Alang merasa senang bisa terlibat dan mengetahui adat kasepuhan serta salah satu budaya Indonesia selama proses syuting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: