Rame, Lagu Bubble Gum dari NewJeans Dituduh Jiplak Lagu Band Inggris Shakatak

Rame, Lagu Bubble Gum dari NewJeans Dituduh Jiplak Lagu Band Inggris Shakatak

Lagu Bubble Gum dari NewJeans dituduh jiplak lagu band Inggris Shakatak-newjeans_official-instagram.com

INFORADAR.ID - Dalam alur cerita yang lebih dramatis daripada opera sabun, band Inggris legendaris Shakatak melayangkan tuduhan serius kepada grup K-pop yang sedang naik daun, NewJeans, terkait lagu mereka yang berjudul "Bubble Gum".

Tidak main-main, Shakatak mengirimkan surat pengaduan resmi, menuntut kompensasi yang setimpal dan pengakuan atas hak cipta yang mereka klaim telah dilanggar atas lagu Bubble Gum yang dinyanyikan NewJeans.

Pertarungan Hukum dan Tuduhan Menohok

Pada tanggal 18 Juli, media Korea, Munhwa Ilbo, melaporkan bahwa Shakatak merasa hak cipta mereka atas lagu tahun 1981, "Easier Said Than Done", telah dirampas oleh "Bubble Gum" milik NewJeans.

Shakatak menuduh bahwa "Bubble Gum" milik NewJeans bukan hanya sekadar terinspirasi, tetapi benar-benar menjiplak elemen kunci dari lagu mereka.

Surat resmi dari Wise Music Group, yang dikirim pada pertengahan Juni, menyatakan bahwa NewJeans harus segera berhenti menggunakan "Bubble Gum" dan membayar ganti rugi.

Tidak tanggung-tanggung, surat itu dikirim ke berbagai pihak, termasuk perusahaan induk HYBE, Korea Music Copyright Association, dan Sony Music Publishing Hong Kong Limited.

BACA JUGA:Jadwal Rilis Webtoon Solo Leveling: Ragnarok

Detail Klaim Shakatak

Shakatak menuduh bahwa "Bubble Gum" tidak hanya sekedar memiliki nuansa yang mirip dengan "Easier Said Than Done", tetapi juga mengandung ritme, nada, komposisi, dan melodi yang identik.

Mereka mengklaim bahwa instrumen yang digunakan dalam "Bubble Gum", seperti gitar elektrik dan bass, sangat mirip dengan lagu mereka.

Bahkan, tempo kedua lagu yang hampir sama, yaitu 104 BPM untuk "Easier Said Than Done" dan 105 BPM untuk "Bubble Gum", menjadi bukti kuat dalam tuduhan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: