Kepala Disporapar Kabupaten Serang: Padarincang Berpotensi Besar Menjadi Desa Wisata Berkembang

Kepala Disporapar Kabupaten Serang: Padarincang Berpotensi Besar Menjadi Desa Wisata Berkembang

Wisata alam Kacida Cibuntu, Desa Padarincang.-Nurbaeti-

INFORADAR.ID – Desa Wisata Padarincang berhasil masuk 50 besar Desa Wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Dari 6.016 desa wisata di seluruh Indonesia, Desa Wisata Padarincang menjadi salah satu yang masuk dalam 50 besar ADWI 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, dan menjadi satu-satunya desa wisata terpilih di Provinsi Banten.

Dengan mengusung tema ‘Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia’ terdapat lima indikator dalam penilaian ADWI 2024. Diantaranya daya Tarik, amenitas, digital, pengelolaan berkelanjutan, serta kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pada penilaian yang dilakukan pada Senin 15 Juli 2024 di Desa Padarincang, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Serang Anas Dwi Satya mengungkapkan jika Desa Wisata Padarincang  memiliki potensi menjadi Desa Wisata Berkembang.

“Desa Padarincang ini sangat bagus, karena masih jadi desa rintisan tapi dengan komitmen kepala desa, Pokdarwis dan semua warga di desa ini, akhirnya Desa Padarincang bisa maju dengan di dorong berbagai pihak,” katanya saat ditemui di wisata Kacida Cibuntu, Desa Padarincang.

Lanjutnya, kata Anas, kekayaan alam yang dimiliki Desa Padarincang bisa menjadi senjata untuk menarik wisatawan dan memiliki potensi besar menjadi desa wisata berkembang. Ia juga mengungkapkan jika Desa Padarincang memiliki bonus geografi yang luar biasa.

“Saya yakin banget ini kalau dikelola dengan baik, akan menjadi desa wisata berkemban. Apalagi memiliki banyak wisata alam, kebudayaan, terus ada kuliner khasnya juga. Tinggal dukungan dari masyarakat tentang wisata,” ujarnya.

Anas berharap Desa Wisata Padarincang bisa dikelola secara komprehensif kedepannya agar bisa menjadi desa wisata berkembang.

Sementara itu Kepala Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Macan Ketawa Padarincang Acep Mahmudin, mengaku bangga dengan masuknya Desa Wisata Padarincang di 50 besar ADWI 2024.

“Ini menjadi prestasi bagi kami untuk mencoba menjadi lebih baik dengan melihat potensi yang dimiliki dan melihat desa wisata lainnya yang bisa menjadi contoh,” ungkap Acep.

Salah satu wisata alam yang ditonjolkan di Desa Padarincang yaitu wisata Kacida Cibuntu. Baru tiga tahun dikelola, wisata Kacida Cibuntu berhasil menarik banyak wisatawan. Hadirnya wisata Kacida Cibuntu berhasil mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Kita coba memberdayakan para pedagang, apalagi produk-produk lokal seperti emping dan ikan pindang,” jelasnya.

Dalam mengikuti ADWI 2024, Acep mengatakan, pihaknya berusaha melengkapi kekurangan-kekurangan di tahun 2022 lalu hingga akhirnya bisa masuk dalam 50 besar ADWI 2024. Ia juga berharap adanya kerjasama dan dukungan dari masyarakat, pemerintah daerah, provinsi hingga pusat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: