7 Penyakit Serius Ini yang Lebih Banyak Menyerang Wanita Dibanding Pria, Jangan Diabaikan!

7 Penyakit Serius Ini yang Lebih Banyak Menyerang Wanita Dibanding Pria, Jangan Diabaikan!

Ilustrasi: Penyakit serius yang lebih banyak menyerang wanita dibanding pria-Pixabay.com-geralt

BACA JUGA:5 Cara Nabung Saham di Bibit dengan Mudah, Ini Langkah Langkahnya

2. Insomnia

Tidur yang berkualitas sulit didapatkan oleh kedua jenis kelamin. Namun, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria. Ini berarti beberapa efek insomnia juga bisa lebih parah bagi wanita termasuk gejala depresi yang lebih serius, rasa kantuk berlebihan di siang hari, dan kesulitan yang lebih besar dalam mengingat dan berkonsentrasi.

3. Penyakit Alzheimer

Selama bertahun-tahun, para ahli berasumsi bahwa penjelasan atas perbedaan gender adalah fakta bahwa risiko Alzheimer meningkat seiring bertambahnya usia dan perempuan hidup lebih lama dibandingkan laki-laki. Namun, penelitian menunjukkan faktor lain mungkin berperan, seperti perubahan hormonal selama menopause.

4. Depresi

Perempuan hampir dua kali lebih mungkin menderita depresi dibandingkan laki-laki (10,4 berbanding 5,5 persen). Karena perubahan hormonal, wanita memiliki neurokimia yang lebih mudah berubah, yang pada gilirannya meningkatkan risiko depresi, kata psikolog Deborah Serani, PsyD.

5. Penyakit jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu bagi pria dan wanita, tetapi wanita lebih mungkin meninggal setelah serangan jantung dibandingkan pria. Mengapa? Wanita memiliki pembuluh darah yang lebih kecil dibandingkan pria, sehingga wanita lebih mungkin mengalami penyumbatan.

6. Kecemasan

Ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan akhir-akhir ini, dan beberapa wanita mungkin merasa lebih khawatir daripada pria. Wanita dua kali lebih mungkin menderita kecemasan daripada pria. Dr. Serani mengatakan bahwa ada alasan biologis untuk perbedaan tingkat kecemasan berdasarkan jenis kelamin. Wanita memiliki kadar faktor pelepas kortikotropin (CRF) yang lebih rendah, yaitu hormon yang membantu kamu mengatasi stres.

7. Gangguan stres pascatrauma (PTSD)

Mimpi buruk, insomnia, depresi, dan kecemasan adalah beberapa tanda paling umum kamu menderita PTSD. Kedua jenis kelamin bisa menderita penyakit mental ini, namun perempuan dua kali lebih mungkin menunjukkan gejala karena gangguan stres pasca trauma adalah akibat dari trauma dan perempuan lebih banyak mengalami pelecehan emosional, seksual, dan fisik dibandingkan laki-laki.

Nah, itulah bebebrapa penyakit serius yang lebih banyak menyerang wanita dibandingan dengan pria yang harus kamu tahu.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mencegahnya sebelum terkena penyakit tersebut dengan mencoba pola hidup sehat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: