Cara Menabung Uang yang Benar, Ini 5 Langkah Mudah yang Bisa Kamu Coba

Cara Menabung Uang yang Benar, Ini 5 Langkah Mudah yang Bisa Kamu Coba

Ilustrasi: Cara menabung yang benar, bisa ikuti langkah langkahnya-Pixabay.com-nattanan

BACA JUGA:Dampak Kurang Tidur untuk Kesehatan Otak: Salah Satunya Bisa Terkena Penyakit Alzheimer? Yuk Cek Alasannya

Cara berhemat yang benar harus dimulai dari menabung, tidak dapat disangkal bahwa kebutuhan dasar membuat pengeluaran berlebihan lebih mungkin terjadi itu sebabnya kamu perlu berbelanja dengan hati-hati.

Luangkan waktu kamu dan bandingkan harga terbaik dari berbagai supermarket dan toko online, kamu juga bisa berbelanja di pasar tradisional dengan harga termurah. Kebutuhan terpenting kamu dan keluarga akan terpenuhi tanpa menguras kantong.

2.Mengurangi pengeluaran tidak penting

Gaya hidup modern yang konsumtif dan rapuh membuat seseorang sulit menabung. Faktanya, latte factor juga mempengaruhi situasi keuangan. Latte factor mengacu pada pengeluaran kecil yang tampaknya tidak signifikan namun terus terjadi hingga biaya tersebut meningkat.

Misalnya saja menggunakan jasa pengantaran ojek online untuk membeli sembako, jajan sehari-hari, atau sering berbelanja online untuk permintaan kecil. Mulai saat ini, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam mengurangi pengeluaran yang tidak perlu agar bisa lebih berhemat.

Carilah alternatif pilihan gaya hidup dan hiburan yang lebih sederhana dan hemat agar tidak menimbulkan beban finansial yang besar.

3.Buat Rekening Khusus 

Jika uang di rekening selalu membuat kamu ingin menyia-nyiakannya, sebaiknya buatlah rekening khusus. Tingkatkan penghasilan bulanan kamu menggunakan akun baru. Jika mau, kamu bisa menggunakan sistem tabungan berulang yang otomatis didebit setiap bulannya untuk memastikan tabungan kamu selalu bertambah dengan jumlah yang sama.

Setelah penghasilan kamu disisihkan untuk menambah tabungan, sisa uang tersebut dapat kamu gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan melunasi kewajiban (cicilan dan tagihan) hingga akhir bulan.

4.Bergabunglah dengan arisan 

Kamu akan menemukan bahwa arisan adalah cara menabung yang sangat mudah dan siapa pun dapat melakukannya. Semakin banyak anggota yang berpartisipasi dalam acara tersebut, semakin banyak uang yang dapat kamu peroleh selama pritode arisan tersebut.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai investasi, kamu bisa mengadakan arisan terlebih dahulu, atau bisa juga kamu simpan sebagai tabungan hingga akhir periode.

5.Menyiapkan dana darurat dan dana penyisihan

Dana darurat dan dana pelunasan sama-sama penting untuk menjaga stabilitas keuangan, namun mempunyai arti yang berbeda. Dana darurat dikumpulkan untuk keadaan darurat yang terjadi secara tiba-tiba, seperti jika kamu tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan, ada anggota keluarga yang sakit parah, atau meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: