Dihadiri 100 Lebih Peserta, HMPS Asuransi Syariah Sukses Laksanakan Acara Talk Show

Dihadiri 100 Lebih Peserta, HMPS Asuransi Syariah Sukses Laksanakan Acara Talk Show

MAHASISWA : Foto bersama setelah selesainya kegiatan berlangsung. -IDO GENRB-

INFORADAR. ID - Himpunan Mahasiswa Program Studi Asuransi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sukses menyelenggarakan Acara Talk Show yang bertemakan "Kreativitas Sharia Insurance", Serang, 26 Juni 2024. 

 

Acara ini dilaksanakan di Aula Utama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, yang bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa/i dan masyarakat sekitar tentang inovasi dan peran penting asuransi syariah dalam mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Acara Talk Show ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa/i, dosen, Himpunan Mahasiswa (Hima) PGSD Universitas Pendidikan Indonesia, Hima Teknik Elektro Universitas Pamulang Serang dan praktisi industri asuransi syariah. 

 

Dibukanya acara ini diawali dengan sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Asuransi Syariah yaitu Reza Rivaldi, lalu dilanjut dengan SEMA yang diwakilkan oleh jajarannya M. Sultan Farizi, dan selanjutnya Wakil Dekan I Bapak Dr. Budi Sudrajat M.A, yang menyampaikan harapan agar talk show ini dapat menjadi wadah inspiratif bagi para peserta dalam memahami kontribusi asuransi syariah terhadap perkembangan UMKM di Indonesia, sekaligus sebagai pembuka acara Talk Show.

 

Pemateri pertama yang hadir adalah Bapak Arya Nur Fauzi, S.E,C. (CEO eksyarpreneur indonesia), memberikan pandangan mendalam tentang peran dan tantangan anak muda dalam membangun UMKM melalui inovasi dalam ekonomi kreatif. Beliau juga berbagi pengalaman sukses dalam menerapkan inovasi teknologi dalam produk asuransi syariah untuk meningkatkan aksesibilitas dan keefektifan bagi UMKM.

 

Selanjutnya, pemateri kedua adalah Bapak Sofian Sauri Lumban Batu, S.AG, (kepala cabang bumiputera cilegon) yang menyajikan perspektif tentang peluang emas dan tantangan asuransi syariah pada pelaku UMKM. 

 

"Asuransi Syariah seperti payung yang dibutukan ketika hujan atau panas maksudnya adalah segala sesuatu dipersiapkan sebelum risiko itu datang," katanya. 

 

Dengan memahami peluang dan tantangan ini, asuransi syariah dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM, serta mempromosikan prinsip-prinsip keuangan yang berkelanjutan dan etis dalam ekonomi global saat ini.

 

"Tidak ada kayu yang mahal ketika masih menjadi pohon berdiri, tidak ada air yang mahal ketika masih berada di sumber pegunungan dan tidak ada ikan yang mahal kalau masih berenang di lautan. So segera ambil peluang," sambungnya. 

 

Acara ini juga menampilkan sesi tanya jawab yang aktif antara peserta dengan kedua pemateri, di mana para peserta dapat berdiskusi langsung tentang implementasi dan manfaat dari peran anak muda dalam membangun UMKM melalui inovasi sekaligus tantangan asuransi syariah pada pelaku UMKM. 

 

Diskusi ini memberikan wawasan tambahan bagi para peserta untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana asuransi syariah dapat menjadi alat strategis dalam meningkatkan stabilitas dan pertumbuhan UMKM di Indonesia.

 

Acara Talk show ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata sebagai kenang-kenangan kepada kedua pemateri yang sangat luar biasa tersebut.

 

Dengan banyak harapan semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan UMKM dan pemahaman mahasiswa tentang asuransi syariah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: