Kiat-Kiat Sukses Ujian Seleksi Jalur Mandiri Agar Masuk di PTN Impian

Kiat-Kiat Sukses Ujian Seleksi Jalur Mandiri Agar Masuk di PTN Impian

SUKSES : Ilustrasi Anak Muda Belajar--

INFORADAR.ID- Dalam penerimaan mahasiswa beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuka beberapa jalur, diantaranya: Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi mandiri.

Jalur yang terbuka saat ini yaitu jalur mandiri, jalur seleksi mandiri dibuka setelah jalur SNBP dan jalur SNBT ditutup, karena jalur mandiri merupakan jalur seleksi terakhir untuk penerimaan mahasiswa di dalam PTN.

Jumlah daya tampung dari masing-masing seleksi beragam, dimulai dari SNBP yang memiliki daya tampung sebesar 20% dari setiap kampus, SNBT memudaya tamling sebesar 40% dan jalur mandiri sebesar 30%.

Peluang yang didapatkan dari jalur mandiri lebih besar dibandingkan peluang dari jalur SNBP, memungkinkan kamu masuk dan diterima di PTN impianmu. 

Jika kamu ingin masuk di PTN impianmu, Simak kiat-kiat sukses ini!

1. Cari Informasi Mengenai Jalur Mandiri PTN Impian 

Informasi mengenai jalur mandiri di masing-masing PTN berbeda-beda. Kmu bisa mengulik atau mencari tahu apa saja persyaratan, biaya registrasi, jadwal pembukaan dan penutupan jalur mandiri di PTN, perlengkapan hingga alur atau tata cara jalir mandiri di PTN tersebut. Kamu bisa ikuti sosial media PTN tersebut agar tidak ketinggalan informasi seputar penerimaan mahasiswa di PTN yang kamu tuju.

2. Mencari Tahu Daya Tampung Mahasiswa 

Berbagai macam prodi di PTN memiliki daya tampung yang berbeda. Kamu bisa memilih daya tampung prodi yang kmu inginkan dari PTN yang memiliki daya tampung yang banyak. Sehingga peluang yang bisa kamu dapatkan semakin besar. Kamu bisa cari tahu melalui akun resmi dari PTN tersebut.

3. Pilih Prodi Sesuai Keinginanmu

Pilihlan prodi sesuai dengan skill atau kemampuanmu, jangan memilih prodi karena ikut-ikutan teman, paksaan maupun tidak tahu tujuan prodi yang ingin dipilih. Kamu bisa research kemampuan yang kamu miliki dan ingin kamu kembangkan sehingga jalur mandiri ini bisa membantumu untuk menemukan prodi yang sesuai.

4. selalu Update Jadwal dan Persyaratan Jalur Mandiri 

Update dalam mengetahui informasi jlur mandiri harus kamu ketahui dalam update setiap jadwal dan persyaratan dari jalur mandiri. Mencari tahu kembali ketentuan yang disebarkan, jngan sampai ada persyaratan yang terlewat dan jadwal yang bentrok dengan aktivitas lainmu. 

5. Belajar Latihan Soal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: