9 Makanan Ini Penyebab Alergi Makanan Paling Umum: Ternyata Makanan Satu Ini Banyak Disukai

9 Makanan Ini Penyebab Alergi Makanan Paling Umum: Ternyata Makanan Satu Ini Banyak Disukai

Makanan ini penyebab alergi makanan paling mum-Pixabay.com-cenczi

BACA JUGA:8 Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Pandeglang: Nikmati Hari Liburan Idul Adha di Kolam Renang

Biji-bijian tertentu, termasuk biji wijen dan sawi (bahan utama dalam bumbu mustard), juga merupakan pemicu alergi makanan yang umum.

2. Kacang kacangan

Kacang tanah adalah penyebab utama reaksi alergi parah terhadap makanan, mempengaruhi hampir 2,5 persen anak-anak menjadikannya salah satu alergi makanan yang paling umum.

3. Kerang

Alergi kerang adalah salah satu alergi makanan orang dewasa paling umum yang biasanya pertama kali muncul di masa dewasa. Dalam keluarga kerang, kelompok krustasea (udang, lobster, dan kepiting) menyebabkan reaksi alergi paling banyak.

4. Ikan

Meski sama-sama masuk dalam kategori makanan laut, namun ikan dan kerang bukanlah hal yang sama. Alergi ikan khususnya alergi terhadap ikan bersirip seperti tuna, halibut, atau salmon. Orang yang alergi terhadap ikan mungkin alergi atau tidak terhadap kerang, dan sebaliknya.

5. Kacang pohon

Kacang pohon antara lain kacang almond, kacang Brazil, kacang mete, hazelnut, kacang pinus, dan kenari, dan merupakan penyebab umum alergi yang mengancam jiwa. Sekitar 25 hingga 40 persen orang yang alergi terhadap kacang juga akan bereaksi terhadap setidaknya satu kacang pohon.

6. Telur

Jika kamu mengalami ruam atau sakit perut setelah makan telur dadar, kamu mungkin menderita alergi telur. Alergi telur berkembang ketika sistem kekebalan tubuh kamu menjadi peka dan bereaksi berlebihan terhadap protein dalam putih telur atau kuning telur.

7. Susu

Berkat protein dalam susu, seperti laktoglobulin, laktalbumin, kasein, dan whey, susu, dan produk susu dari sapi merupakan alergen yang umum. Alergi susu hampir selalu dimulai pada tahun pertama kehidupannya dan mempengaruhi hingga 7 persen bayi. Sekitar 80 persen anak-anak yang alergi akan mengatasi alergi susu pada usia 16 tahun.

Orang yang alergi terhadap susu sapi mungkin juga alergi terhadap susu hewan lain, termasuk domba dan kambing, jadi berhati-hatilah saat mencoba alternatif susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: