Selain Sunnah, Ini 6 Manfaat Tidur Menghadap ke Sebelah Kanan

Selain Sunnah, Ini 6 Manfaat Tidur Menghadap ke Sebelah Kanan

Manfaat Tidur Menghadap ke Sebelah Kanan--Freepik @vecstock

3. Merangsang Buang Air Besar

Ketika kita tidur dengan menghadap ke sebelah kanan, gravitasi membantu proses pencernaan dengan mendorong makanan dan limbah ke usus besar dengan lebih lancar. 

Selain itu, posisi ini juga membantu cairan dalam usus untuk bergerak lebih efisien ke arah yang benar, yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan meningkatkan kenyamanan saat buang air besar.

4. Merehatkan Kaki Sebelah Kiri

Tidur menghadap ke sebelah kanan dapat merehatkan kaki sebelah kiri karena posisi tubuh ini mengurangi tekanan pada kaki dan kaki sebelah kiri lebih mendapatkan istirahat yang cukup. 

Posisi ini juga membantu meningkatkan aliran darah ke kaki, sehingga memperbaiki sirkulasi dan mengurangi kemungkinan terjadinya pegal-pegal serta kram pada kaki sebelah kiri.

5. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Tidur menghadap ke sebelah kanan dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru karena posisi ini dapat mengurangi tekanan pada paru-paru dan memfasilitasi pernapasan yang lebih baik. 

BACA JUGA:Hati - Hati, Ternyata Tidur Terlalu Lama Bisa Bikin Bahaya

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tempat Sate Bandeng di Serang, Kalau Berkunjung ke Banten Jangan Lupa Mampir

Ketika tidur dengan posisi ini, paru-paru dapat mengembang secara optimal karena tidak terhalang oleh berat badan atau tekanan dari organ tubuh lainnya. 

Hal ini membantu memperbaiki aliran udara ke paru-paru dan memastikan oksigenasi tubuh yang efisien selama tidur.

6. Menjaga Saluran Pernapasan

Manfaat tidur menghadap ke sebelah kanan yang terakhir yaitu dapat menjaga saluran pernafasan. Ketika tidur dengan posisi ini, gravitasi membantu mempertahankan jalur udara terbuka dan memungkinkan udara untuk mengalir dengan lebih lancar ke paru-paru. 

Selain itu, posisi menghadap ke sebelah kanan juga dapat mengurangi tekanan pada tenggorokan dan saluran napas, yang dapat membantu mencegah munculnya gejala seperti sesak napas atau mengi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: