Lafadz Bacaan Takbir Muqayyad, Semarakkan Hari Raya Idul Adha dan Hari-Hari Tasyrik

Lafadz Bacaan Takbir Muqayyad, Semarakkan Hari Raya Idul Adha dan Hari-Hari Tasyrik

Ilustrasi: Bacaan Takbir Muqayyad Idul Adha dan Hari Tasyrik- Konevi-Pexels.com

INFORADAR.ID – Pada hari raya Idul Adha, umat Islam merayakan momen penting dengan melantunkan takbir muqayyad. Takbir ini adalah rangkaian kalimat suci yang mengagungkan kebesaran Allah SWT dan menjadi bagian tak terpisahkan dari semarak Idul Adha

Dari hari raya Idul Adha hingga hari terakhir tasyrik, takbir muqayyad ini menggema di masjid-masjid dan rumah-rumah umat Islam sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah.

Tradisi takbir muqayyad juga menjadi pengingat akan pentingnya menjalankan ibadah pada hari-hari tasyrik. Hari-hari tasyrik adalah hari-hari yang mengikuti Idul Adha, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. 

BACA JUGA:Bolehkah Kurban dengan Sapi Betina di Hari Raya Idul Adha? Simak Jawaban dan Penjelasannya di Sini

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tempat Sate Bandeng di Serang, Kalau Berkunjung ke Banten Jangan Lupa Mampir

Menurut buku 'Kupas Tuntas Salat', pelaksanaan takbir Muqayyad dimulai sejak sholat Subuh pada hari Arafah (9 Dzulhijjah) hingga setelah sholat Asar pada akhir hari tasyrik (13 Dzulhijjah).

Kapan Waktu Membaca Takbir Muqoyyad Idul Adha 2024?

Berdasarkan keputusan dari Kementerian Agama (Kemenag), Hari Raya Idul Adha tahun 1445 H akan dirayakan pada hari Senin, tanggal 17 Juni 2024. 

Penetapan ini dilakukan setelah pengamatan terhadap hilal awal bulan Dzulhijjah 1445 H dimulai pada hari Sabtu, 8 Juni 2024.

Dengan mengacu pada penetapan ini, waktu untuk membaca takbir Muqayyad pada Idul Adha 2024 akan dimulai pada tanggal 16 Juni 2024, yang bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah 1445 H dan dilakukan sejak waktu subuh.

BACA JUGA:Fenomena Banyak yang Menikah Setelah Lebaran Idul Adha, 4 Keahlian Ini Harus Dimiliki Catin Sebelum Nikah

BACA JUGA:Tips Parenting: 7 Cara Terbaik Mendidik Anak Remaja yang Suka Memberontak

Sedangkan hari terakhir untuk membaca takbir Muqayyad pada Idul Adha 2024 adalah saat waktu ashar pada hari terakhir dari hari-hari tasyrik, yaitu tanggal 13 Dzulhijjah yang jatuh pada hari Kamis, 20 Juni 2024.Teks Bacaan Takbir Muqayyad

Berikut merupakan lafadz atau teks bacaan takbir muqayyad Idul Adha arab, latin dan artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: