Jumlah Penduduk Laki-Laki di Pandeglang Lebih Banyak, Bikin Susah Dapat Pasangan?

Jumlah Penduduk Laki-Laki di Pandeglang Lebih Banyak, Bikin Susah Dapat Pasangan?

Gunung Karang, salah satu ikon dari Kabupaten Pandeglang.-@dorabiba_sky-instagram.com

INFORADAR.ID - Data yang dihimpun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pandeglang atau Disdukcapil Pandeglang 2024 mengatakan jika jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan. 

Kita semua tahu bahwa kehidupan di dunia ini penuh dengan kejutan. Salah satu kejutan yang mungkin tidak banyak dari kita sadari adalah bahwa jumlah penduduk laki-laki di beberapa daerah seperti di Kabupaten Pandeglang ternyata lebih banyak dibandingkan dengan jumlah perempuan. Wah, gimana ceritanya nih?

Pertama-tama, mari kita bayangkan kalau dunia ini adalah pesta. Biasanya, pesta yang seru itu kalau tamunya seimbang, ada laki-laki dan perempuan, biar nggak pada rebutan pasangan dansa. Tapi apa jadinya kalau yang datang kebanyakan laki-laki?

Pasti bakal banyak yang duduk sambil minum soda di pojok, berharap-harap cemas ada yang ngajak ngobrol.

BACA JUGA:Pandeglang Memiliki Persentase Penduduk Miskin Tertinggi di Banten

Nah, hal serupa terjadi di beberapa tempat di dunia ini. Salah satu faktornya adalah budaya dan preferensi sosial. Di beberapa negara, ada preferensi yang lebih tinggi terhadap anak laki-laki.

Jadi, nggak heran kalau akhirnya jumlah anak laki-laki lebih banyak. Ibaratnya, orang tua di sana merasa lebih bangga punya anak laki-laki, mungkin karena dianggap bisa jadi penerus keluarga atau tenaga kerja yang tangguh.

Faktor lain yang nggak kalah penting adalah perbedaan angka kematian antara laki-laki dan perempuan. Secara statistik, laki-laki cenderung memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kematian dini dibandingkan perempuan.

Namun, karena teknologi medis yang semakin maju, perbedaan ini mulai berkurang, sehingga jumlah laki-laki yang bertahan hidup hingga dewasa juga meningkat.

Satu lagi faktor yang menarik adalah migrasi. Banyak laki-laki yang merantau ke kota besar atau negara lain untuk mencari pekerjaan. Jadi, di daerah tertentu, seperti Pandeglang, jumlah laki-laki bisa jauh lebih banyak dibandingkan perempuan.

BACA JUGA:Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Banten Ada di Tangerang, Kabupaten dan Kota Lainnya Bagaimana?

Ini kayak cerita klasik cowok-cowok desa yang merantau ke kota besar berharap jadi "orang sukses" lalu pulang kampung bawa mobil keren.

Perlu diketahui, berdasarkan data Disdukcapil Pandeglang, jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki ada sebanyak 714.400 jiwa, sedangkan jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan sebanyak 677.646 jiwa.

Tapi tenang saja, meskipun jumlah penduduk laki-laki lebih banyak, bukan berarti para perempuan jadi minoritas yang tersisih. Justru, dalam banyak hal, perempuan sekarang makin berdaya dan mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disdukcapil pandeglang