Pandeglang Memiliki Persentase Penduduk Miskin Tertinggi di Banten

Pandeglang Memiliki Persentase Penduduk Miskin Tertinggi di Banten

Gunung Karang, landmark Kabupaten Pandeglang.-adethea_18-instagram.com

INFORADAR.ID - Pandeglang kaya akan sejarah dan sumber daya alam, namun di balik kemewahannya, terdapat kenyataan yang mengganggu yaitu tingkat kemiskinan yang tinggi.

Meskipun Pandeglang memiliki potensi ekonomi yang besar, banyak penduduknya yang masih hidup dalam kekurangan dan keterbatasan.

Kami akan membahas lebih dekat tentang masyarakat miskin di Pandeglang, tantangan yang mereka hadapi, dan harapan mereka untuk berubah menjadi lebih baik.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan di Pandeglang cukup tinggi. Meskipun ada tren penurunan dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penduduk miskin masih cukup tinggi.

Faktor-faktor seperti rendahnya tingkat pendidikan, terbatasnya akses terhadap lapangan pekerjaan formal dan kurangnya infrastruktur dasar menjadi penyebab utama masalah kemiskinan ini.

BACA JUGA:Tempat Wisata Pandeglang yang Ada di Gunung Karang

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh masyarakat miskin di Pandeglangg adalah terbatasnya akses terhadap pendidikan yang berkualitas.

Ketimpangan ekonomi yang tinggi juga merupakan faktor penting yang memperparah kemiskinan.

Meskipun sebagian penduduk Pandeglang menikmati kemakmuran dari pariwisata dan industri, banyak penduduk yang tertinggal dalam kemiskinan dan tidak mendapatkan manfaat dari pertumbuhan ekonomi.

Masyarakat miskin di Pandeglang pun sering kali kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak atau pendapatan yang stabil.

Melansir laman katadata, Kabupaten Pandeglang saat ini (29 April 2024) masih menjadi daerah dengan tingkat persentase penduduk miskin tertinggi di Provinsi Banten.

Persentase penduduk miskin di Pandeglang yaitu 9 persen. Masih menjadi yang paling tinggi jika dibandingkan tetangga dekatnya, Kabupaten Lebak 8 persen, Kota Serang 6 persen dan Kabupaten Serang 4 persen.

Kemiskinan di pandeglang bukanlah masalah yang dapat diselesaikan dalam semalam, tetapi dengan komitmen dan kerja sama dari pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, perubahan yang signifikan dapat dicapai.

Penting bagi semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan berkelanjutan di mana setiap orang di Kabupaten Pandeglang memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: katadata.co.id