Inilah Efek yang Terjadi pada Tubuh Seseorang Saat Tertawa: Bisa Meningkatkan Kesehatan

Inilah Efek yang Terjadi pada Tubuh Seseorang Saat Tertawa: Bisa Meningkatkan Kesehatan

Ilustrasi: Efek tertawa untuk kesehatan tubuh-Pixabay.com-popmelon

INFORADAR.ID- Dokter menjelaskan bagaimana tawa yang baik dapat meningkatkan kesehatan kamu memperpanjang umur, dan bahkan memperkuat otot.

Tertawa juga mempunyai efek baik pada tubuh seseorang yaitu bisa meningkatkan kesehatan mental seseorang.

Kenapa tertawa bisa meningkatkan kesehatan seseorang? Penasarankan seperti apa penjelasannya, oleh karena itu kamu bisa baca artikel ini sampai selesai.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Sakit Linu Panggul: Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Solusinya di Sini

BACA JUGA:Cara Menghentikan Migrain saat Berolahraga: Yuk Simak Lengkapnya di Sini

Saat kamu tertawa, otak kamu melepaskan endorfin, “bahan kimia alami yang membuat tubuh merasa nyaman,” secara instan mengurangi stres dan meningkatkan perasaan bahagia dan sejahtera, kata Karla Robinson, MD, Editor Medis di GoodRx.

“Hal ini membawa keadaan tenang di otak Anda yang memicu respons relaksasi di seluruh tubuh Anda,” kata Dr. Robinson. “Tindakan fisik tertawa menyebabkan Anda menarik napas lebih dalam, membawa lebih banyak oksigen ke otak dan tubuh Anda.”

Dr. Sultanoff mengungkapkan bahwa tertawa juga bisa melawan perasaan depresi dan kecemasan denga n membanjiri otak dengan endorfin.

BACA JUGA:7 Obat Batuk Alami yang Mudah Ditemui: Mudah Banget, Ternyata Ini Bahan Bahannya

BACA JUGA:Kamu Punya Masalah Kantung di Bawah Mata? Berikut Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

Oleh karena itu, berikut ini beberapa efek tertawa bagi kesehatan tubuh seseorang:

1. Efek tawa terhadap mata

Pernahkah kamu tertawa terbahak-bahak hingga menangis? Atau menangis sampai seseorang membuatmu tertawa? Emosi yang besar, termasuk tawa, dapat merangsang kelenjar lakrimal di matamu, kata Dr. Robinson

“Kelenjar ini menghasilkan air mata, yang biasanya dikeluarkan saat kita mengalami emosi yang kuat seperti kebahagiaan, kesedihan, kegembiraan, hiburan, kelegaan, atau frustrasi.” Bukan hanya komponen emosional yang kuat dari tawa yang memicu air mata, tertawa juga menyebabkan otot-otot wajah kamu berkontraksi, yang secara tidak langsung dapat memberikan tekanan pada saluran air mata dan menyebabkan sedikit air mata keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: