Profil Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto yang Lulusannya Berhasil Masuk FK Kedokteran Semua dan Beasiwa LN

Profil Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto yang Lulusannya Berhasil Masuk FK Kedokteran Semua dan Beasiwa LN

Ponpes Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Ponpes terbesar di Jatim berbasis internasional--g.maps/ Indra Iswanto

INFORADAR.ID - Baru-baru ini pesanteran Amanatul Ummah Mojokerto menjadi perbincangan di sosial media sebab sebanyak 280 santri berhasil lolos SNBP 2024 di Fakultas Kedokteran.

Melansir dari laman resmi Amanatul Ummah Mojokerto, sebanyak dari 280 sebanyak 31 santrinya diterima di Fakultas Kedokteran bahkan lolos beasiswa luar negeri.
 
“Itulah keuntungan sekolah di Amanatul Ummah,” Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang dilansir dari Harian Bangsa pada laman pesantrenau.com.
 
Melihat dari beberapa testimoni alumni Amanatul Ummah, pesantren ini memiliki nilai KKM yang tinggi sebesar 90, sehingga tak heran jika sebanyak 280 santri berhasil lolos SNBP 2024.
 
"Aku MTS MA di Amannatul Ummah kak, KKM di sekolah dulu 9, jadinya ya nilainya rata-rata memang tinggi. Alhamdulilah lolos SNM, walaupun syukur pilihan ke dua yang keterima," tulis akun @micunotmissu pada akun X yang merupakan alumni tahun 2021.
 
 
Tak hanya itu Amanatul Ummah merupakan pondok pesantren terbaik di Indonesia yang bertaraf internasional.
 
Peran guru sebagai pendidik sangat berperan penting di Amanatul Ummah, mereka mengupayakan para santrinya tak hanya lolos SNBP dan lainnya tapi juga mendapatkan beasiswa.
 
"Diantaranya BIB (Beasiswa Indonesia Bangkit). Ya memang kita upayakan,” kata Kiai Asep.
 
"Aku alumni situ nder akt tahun kemaren (2023) kalo kamu kaget lulusan kedokteannya banyak, asli anak yang pengen masuk kedokteran bakalan dimanja dan dibantu sampai lolos," jelas @waterbreast yang merupakan alumni Amanatul Ummah.
 
Pesantren ini dikenal karena kombinasi pendidikan agama Islam yang kuat dengan pendidikan umum yang berkualitas.
 
Banyak dari lulusan Pesantren Amanatul Ummah yang berhasil lolos di Univeristas Ternama Indonesia termasuk STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara) dan STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik).
 
 
 
Tak hanya merajai perguruan tinggi ternama, lulusannya juga tesebar di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Jerman, Australia, Singapura, Rusia, Mesir, Tunisia, Yaman, Maroko, Sudan, China, Taiwan, dan negara lainnya.
 
Berikut adalah beberapa informasi umum tentang Pesantren Amanatul Ummah.
 
1. Sejarah
 
Pesantren Amatul Ummah didirikan pada tahun 1990 oleh KH. Abdul Wahid Hasyim. Sejak itu, pesantren ini telah berkembang pesat dan menjadi salah satu pesantren ternama di Jawa Timur.

2. Kurikulum
 
Pesantren Amatul Ummah menawarkan kurikulum yang seimbang antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Selain mempelajari Al-Quran, hadis, dan ilmu agama lainnya, para santri juga mendapatkan pendidikan umum seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

3.Fasilitas
 
Pesantren ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk gedung kelas, asrama, masjid, perpustakaan, laboratorium komputer, lapangan olahraga, dan fasilitas lainnya untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan kegiatan ekstrakurikuler.
 
 
 
Selain pendidikan formal, Pesantren Amatul Ummah juga memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti seni budaya, olahraga, dan kegiatan sosial kemasyarakatan, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keterampilan para santri di berbagai bidang.

5. Pengembangan Karakter
 
Salah satu fokus utama pesantren ini adalah pengembangan karakter dan kepemimpinan. Para santri diajarkan untuk menjadi individu yang bertanggung jawab, berakhlak mulia, dan siap menjadi pemimpin yang baik dalam masyarakat.
 
Dengan reputasi yang baik dan komitmennya terhadap pendidikan agama dan umum yang berkualitas, Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto terus menjadi pilihan pesantren favorit di Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: