Ikan Duyung Terdampar di Pantai Lebak Selatan, Kok Bisa? Simak Faktanya Ini

Ikan Duyung Terdampar di Pantai Lebak Selatan, Kok Bisa? Simak Faktanya Ini

Fakta mengenai ikan duyung atau dugong.-Jakub Pabis -unsplash.com

Ini adalah spesies tropis dan subtropis yang ditemukan di 37 negara berbeda, tetapi perairan Australia adalah rumah bagi salah satu populasi duyung terbesar, berjumlah sekitar 80.000-85.000 individu di Australia.

2. Dikenal sebagai sapi saut

Dugong, juga dikenal sebagai sapi laut, adalah satu-satunya perwakilan dari keluarga duyung, dan kerabat akuatik terdekat mereka adalah manate.

Percaya atau tidak, gajah paling dekat dengan duyung di darat. Duyung jantan menumbuhkan taringnya saat dewasa. Duyung betina juga memiliki taring, tetapi muncul pada betina yang lebih tua.

BACA JUGA:Momen Langka Kesenian Calung Renteng Buhun Tampil di Hadapan Masyarakat Lebak

3. Memiliki umur panjang

Umur dugong, seperti pohon, tergantung pada jumlah cincin pada gigi taringnya. Dugong dapat hidup hingga usia 70 tahun!

4. Menghirup oksigen

Duyung menghirup oksigen di atas permukaan air melalui lubang hidungnya, menahan napas selama 11 menit dan dapat menyelam hingga kedalaman 33 meter untuk mencari makanan.

5. Penglihatan yang buruk

Dugong tidak memiliki penglihatan terbaik, tetapi mereka menebusnya dengan pendengaran yang sangat baik. Duyung dapat berkomunikasi dengan menggonggong, berkicau, mencicit, gemetar, dan suara lain yang dapat menyebar ke seluruh air.

6. Terancam Punah

Duyung terdaftar sebagai hewan yang terancam punah. Perluasan pelabuhan komersial, pengerukan pesisir, jaring ikan hiu, bencana alam seperti angin topan (dan lain-lain), serta ladang dengan alga, yang merupakan satu-satunya sumber makanan duyung, semakin banyak dihancurkan. 

Diperkirakan selama 30 tahun terakhir, populasi duyung mengalami penurunan hingga 90%.

Fenomena ikan terdampar merupakan akibat dari berbagai faktor kompleks yang dapat disertai dengan perubahan lingkungan, aktivitas manusia, dan fenomena alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sea life sydney aquarium