Simak Bahaya Self-Diagnosis Penyakit Mental bagi Dirimu, Hindari Sebelum Terlambat

Simak Bahaya Self-Diagnosis Penyakit Mental bagi Dirimu, Hindari Sebelum Terlambat

Bahaya Self-diagnosis Penyakit Mental-Brigitte Hearst- Pinterest

INFORADAR.ID - Self-diagnosis terhadap penyakit mental merupakan fenomena yang marak terjadi di kalangan generasi muda saat ini.

Self-diagnosis sendiri merupakan diagonis yang dilakukan seseorang tentang penyakit yang dialaminya berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari sumber yang tidak valid.

Informasi yang tidak kredibel tersebut biasanya tersebar luas di internet. Jadi, self-diagnosis ini tidak dilakukan oleh ahlinya seperti dokter melainkan diri sendiri. BACA JUGA:5 Makanan Sehat Ini Kurang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Ginjal

BACA JUGA:Menu Spesial Idul Adha 2024: Coba Resep Semur Betawi Daging Sapi di Hari Raya

Self-diagnosis ini sangat berbahaya jika terus dilakukan dalam mendiagnosa penyakit mental yang kamu derita, karena terdapat banyak informasi di internet yang tidak berdasarkan riset ilmiah dan informasi yang telah terbukti kebenarannya.

Seseorang yang melakukan self-diagnosis ini biasanya didasari oleh rasa ingin tahu yang kuat mengenai kondisi mental yang dialaminya. 

Self-diagnosis kini banyak dilakukan oleh kalangan anak muda karena terpapar dengan konten media sosial yang menyajikan informasi mengenai self-diagnosis penyakit mental sehingga mereka terdorong untuk melakukan self-diagnosis juga. 

BACA JUGA:Atasi Anak Kecanduan Gadget dengan 3 Cara Ini Menurut Dokter Spesialis Anak

BACA JUGA:Mau Ganti HP dengan Penyimpanan Wah dengan Harga Murah? Ini Dia Rekomendasinya

Kesalahan dalam mendiagnosis atau misdiagnosis dapat terjadi apabila kamu melakukan self-diagnosis terhadap penyakit mental yang kamu alami, sehingga dapat memperparah gangguan mentalmu dan timbul rasa ketakutan yang berlebihan.

Kemungkinan untuk timbulnya penyakit lain akibat penanganan yang salah juga bisa terjadi. Self-diagnosis ini tidak dapat dilakukan karena gejala penyakit mental yang dialami setiap orang berbeda-beda. 

Dampak dari self-diagnosis itu sendiri sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan mentalmu yang kadangkala menyebabkan kamu gelisah dan khawatir secara berlebihan.

BACA JUGA:Daun Kelor, Disebut WFO Sebagai Tanaman Ajaib, Ini Berbagai Manfaatnya

BACA JUGA:Waspada! Hindari Makanan ini Bagi Usia 40 Tahun Keatas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: