5 Makanan Sehat Ini Kurang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Ginjal

5 Makanan Sehat Ini Kurang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Ginjal

-Pinterest-

INFORADAR.ID- Siapa yang tidak mau memiliki tubuh sehat? Setiap orang pasti menginginkannya. Agar terlihat sehat manusia dari berbagai generasi akan menjaga tubuhnya dengan berolahraga. Menjaga kesehatan adalah hal yang terpenting untuk setiap manusia agar tetap menikmati udara segar. Maka dari itu setiap organ tubuh harus kita jaga.

Salah satu organ tubuh yang semestinya kita jaga ialah ginjal. Ginjal merupakan organ vital yang berfungsi menyaring darah dan membuang limbah serta cairan berlebih dari tubuh. Namun, tahukah kamu tidak semua makanan yang dianggap sehat itu berarti baik untuk ginjal, terutama bagi mereka yang sudah memiliki masalah ginjal sebelumnya. 

Melansir dari kanal YouTube Sehat Secara Alami ada beberapa makanan yang sepatutnya dihindari oleh penderita penyakit ginjal, diantaranya:

1. Pisang

Pisang dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi, termasuk tinggi kandungan kalium. Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 mg kalium. Bagi penderita penyakit ginjal, asupan kalium yang berlebihan dapat menyebabkan kadar kalium dalam darah meningkat, yang bisa mempengaruhi detak jantung. Oleh karena itu, konsumsi pisang sebaiknya dibatasi.

 

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya lemak sehat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Akan tetapi, alpukat juga mengandung kalium yang tinggi. Satu buah alpukat bisa mengandung sekitar 727 mg kalium. Penderita penyakit ginjal sebaiknya membatasi konsumsi alpukat untuk menghindari komplikasi akibat tingginya kadar kalium dalam darah.

 

3. Roti Gandum

Roti gandum biasanya dianggap lebih sehat dibandingkan roti putih karena kandungan seratnya. Namun, bagi penderita penyakit ginjal, roti gandum mengandung kalium dan fosfor yang tinggi, yang bisa berdampak buruk pada ginjal. Fosfor yang tinggi dalam darah bisa mempengaruhi kesehatan tulang dan jantung. Oleh karena itu, roti putih lebih disarankan bagi penderita penyakit ginjal.

 

4. Nasi Merah

Nasi merah memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih dan sering direkomendasikan untuk diet dan penderita diabetes. Namun, nasi merah mengandung lebih banyak fosfor dan kalium dibandingkan nasi putih. Bagi penderita penyakit ginjal, kandungan fosfor dan kalium yang tinggi bisa menjadi masalah, sehingga konsumsi nasi merah sebaiknya dibatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: