Tips Memilih Hewan Qurban untuk Idul Adha 2024 Agar Ibadahmu Diterima

Tips Memilih Hewan Qurban untuk Idul Adha 2024 Agar Ibadahmu Diterima

Panduan pekurban Idul Adha 2024-Min An-Pexels.com

INFORADAR.ID - Menjelang Idul Adha 2024, umat Islam berusaha mencari hewan qurban yang terbaik. Selain harga, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kurban dianggap sebagai ibadah yang benar. 

Idul Adha 2024 merupakan hari raya umat Islam yang dikenal dengan penyembelihan hewan qurban. 

Dalam memilih hewan qurban untuk Idul Adha 2024, beberapa hal penting harus diperhatikan untuk memastikan ibadah ini diterima dengan baik oleh Allah SWT. 

Perayaan Idul Adha sebagai pengingat kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya, Ismail AS, sebagai bentuk pengabdian. 

BACA JUGA:Menu Spesial Idul Adha 2024: Resep Rabeg Sapi Khas Banten Hidangan Istimewa yang Menggugah Selera

Namun, Allah menggantinya dengan seekor kibas (domba) sebagai tanda keikhlasan dalam beribadah. Ibadah qurban memiliki keutamaan yang besar, sebagai ungkapan ketaatan kepada Allah SWT dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan. 

Dilansir dari laman Kemenag Bali, ini tips memilih hewan qurban untuk Idul Adha 2024 agar ibadah berkurban diterima dengan baik oleh Allah SWT.

1. Jenis Hewan Qurban

Hewan yang dapat diserahkan sebagai qurban adalah hewan ternak seperti unta, sapi, kambing, dan domba. Ketentuan ini sesuai dengan hadits berikut:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah, “Kami telah menyembelih qurban bersama Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi juga untuk tujuh orang.” (Hadits Shahih, riwayat Muslim: 2322, Abu Dawud: 2426, al-Tirmidzi: 1422 dan Ibn Majah: 3123).

BACA JUGA:Menu Spesial Idul Adha 2024: Resep Rabeg Sapi Khas Banten Hidangan Istimewa yang Menggugah Selera

Selain itu dalam dalil Al Quran tentang qurban Surat Al-Hajj ayat 34 Allah berfirman:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka."

2. Usia Hewan Qurban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: