DKBPPPA Kabupaten Serang Targetkan 7.900 Warga Kabupaten Serang Terlayani KB di Bakti IBI

DKBPPPA Kabupaten Serang Targetkan 7.900 Warga Kabupaten Serang Terlayani KB di Bakti IBI

Warga Saat mengikuti program pemasangan KB MKJP Gratis di Puskesmas Tirtayasa.-Ahmad Rizal Ramdhani-

SERANG,RADARBANTEN.CO.ID- Dinas Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang menargetkan sebanyak 7.900 masyarakat dapat terlayani pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) gratis bagi masyarakat.

Pemasangan MKJP gratis tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 73 tahun, yang bertajuk Bakti IBI sekaligus memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kepala DKBPPPA Kabupaten Serang Encup Suplikah mengatakan, dalam peringatan HUT IBI ke-73 sekaligus pemecahan rekor MURI, pihaknya diberikan target sebanyak 7.900 pemasangan MKJP selama periode 8 hingga 31 Mei 2024.

BACA JUGA:Pandeglang Memiliki Persentase Penduduk Miskin Tertinggi di Banten

"Sudah mulai hari ini launching hingga tanggal 31 Mei. Insya Allah tercapai, karena pelayanan dilakukan di seluruh Fasyankes di Kabupaten Serang," katanya, Rabu 8 Mei 2024.

Ia mengaku, dalam upaya suksesi pelaksanaan KB dan mengejar target yang telah dicanangkan, pihaknya tidak dapat melakukannya sendirian. Ia mengaku harus ada kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk didalamnya ialah Bidan.

"Kami dari dinas KB ini hanya bisa koordinasi, karena yang melayani dari bidan, tanpa ada bidan semua tidak bisa melayani akseptor. Semua yang memberikan edukasi dan pelayanan itu Bidan," tegasnya.

Ia mengaku merasa bersyukur karena kesadaran masyarakat untuk melakukan KB sudah mulai meningkat. Terbukti dengan mayoritas masyarakat yang mengikuti program KB gratis datang dengan sendirinya.

"Berkembangnya dengan proses dengan waktu, Masyarakat sudah ingin sendiri contohnya tadi dia sudah punya anak lima, di datang sendiri setelah dengar ada hut IBI," tegasnya.

Lebih lanjut, ia pun meminta kepada ibu yang baru melahirkan untuk tak ragu melakukan KB MKJP sehingga jarak kehamilannya nanti dapat diatur. 

"Setelah melahirkan jangan lolos tidak ber-KB apapun bentuk KB-nya mau MKJP atau non MKJP, yang baik MKJP biar waktunya bisa panjangnya," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PD IBI Provinsi Banten, Yani Purwasih mengatakan, pihaknya diberikan target oleh IBI Pusat untuk dapat melakukan pemasangan KB MKJP sebanyak 49.280. 

BACA JUGA:Bolehkah Perempuan Berangkat Haji Tanpa Didampingi Mahram? Ini Keterangan Kemenag RI

"Hari ini launching bakti IBI yang kegiatannya MKJP untuk KB. Kegiatan ini mempunyai target yang sangat penting bagi kami bidan, untuk bisa tercapai pencapaian MURI di tingkat nasional," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: